Mang Oded dan Farhan Paling Potensial

oleh

 

BANDUNG | Harian Waktu – Artis sekaligus presenter Muhammad Farhan dinilai sebagi salah satu figur paling potensial. Farhan masuk sebagai kandidat calon wali kota Bandung periode 2018 berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Indonesia Strategic Institute (Instrat).

Wali Kota Bandung saat ini Ridwan Kamil sebenarnya jadi figur paling potensial jika ingin melanjutkan kepemimpinannya hingga periode kedua. Namun keputusan Emil untuk maju ke Pilgub Jabar 2018 akan membuat Wakilnya Oded M Danial kini jadi figur paling potensial.

Popularitas Mang Oded –demikian sapaan Oded M Danial- cukup tinggi. “Tiga urutan teratas popularitas sosok calon Wali Kota Bandung setelah Ridwan Kamil, adalah M Oded Danial (83,2%), Atalia Praratya (72%) dan M Farhan (55,8%),” kata Direktur Kajian Strategis Instrat Adi Onggoboyo, di Bandung, kemarin.

Instrat merilis hasil survei tentang Persepsi Warga Kota Bandung terkait Masalah Kota Bandung dan Suksesi Kepemimpinan Kota Bandung 2018.

Adi menjelaskan ketiga tokoh tersebut dimaklumi memiliki popularitas yang tinggi atau lumayan tinggi seperti sosok Wakil Wali Kota Bandung M Oded Danial yang dikenal sebagai petahana, Atalia yang merupakan istri dari Ridwan Kamil dan M Farhan sebagai artis.

Ia menuturkan dalam survei tersebut diketahui bahwa Ridwan Kamil menempati urutan teratas pada pertanyaan top of mind terkait calon wali kota Bandung 2018 mendatang. Selain itu, lanjut dia, sosok Ridwan Kamil juga sangat mendominasi angka popularitas dan potensi elektabilitas untuk pencalonan wali kota Bandung 2018.

“Akan tetapi, seiring dengan rencana Ridwan Kamil yang akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Jabar 2018 maka bursa bakal calon wali kota Bandung 2018 menjadi menarik, di mana harapan publik menjadi cukup tinggi akan pengganti Kang Emil yang dianggap bisa melanjutkan pembangunan Kota Bandung dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, ekspektasi publik akan sosok Wali Kota Bandung 2018 adalah dari kalangan profesional adalah 22,2% dan akademisi sebesar 18,2%. “Hal ini menunjukkan situasi bahwa ada keinginan sosoknya kurang lebih berasal dari latar belakang yang sama dengan Wali Kota Bandung saat ini,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan jika dibandingkan pada satu tahun sebelum Pilkada 2013 saat ini tingkat popularitas bakal calon yang akan muncul sebagiannya cenderung sudah memiliki modal popularitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan situasi satu tahun menjelang Pilkada 2013.

“Paling tidak, di luar tokoh-tokoh yang selama ini telah lebih dahulu muncul dipublik, popularitas tokoh baru yang berada di atas 25%, muncul nama Fiki Satari sebesar 25%, Arfi Rafnialdi sebesar 26,6% dan Yosi Irianto sebesar 28,6%,” pungkasnya. Zacky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco