Pembuatan SKCK Melonjak Dua Kali Lipat

oleh

CIANJUR | Waktu Cianjur – Menjelang pelaksanaan Job Fair di Kabupaten Cianjur, jumlah pembuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polsek Cianjur meningkat drastis. Berbeda dengan hari biasa yang hanya ada 15 sampai 20 pembuat SKCK, pada hari Senin (17/04) kemarin jumlah pembuat SKCK mencapai dua kali lipat dari biasanya.

Peningkatan ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat sangat berantusias menyambut  Job Fair, mengingat SKCK merupakan salah satu syarat untuk melamar pekerjaan, khususnya pada perusahaan yang akan berpartisipasi dalam Job Fair yang berlangsung pada tanggal 18-19 April 2017 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 3 Cianjur, Nagrak.

“Banyak yang membuat SKCK mungkin karena para pelamar banyak yang sudah menantikan, karena Kabupaten kita baru sekarang ada pelaksanaan job fair,” tutur Anton Rohendi, Bripka Panit II Intelkam Polsek Cianjur.

Alby Fauzi, pria lulusan SMA ini juga mengaku dirinya membuat SKCK berkaitan dengan syarat melamar pekerjaan disamping surat lamaran, Kartu Pencari Kerja, KIR dokter dan dokumen pelengkap lainnya.

“Selain Kartu Kuning, SKCK syarat melamar pekerjaan. Ini juga berkaitan dengan Job Fair besok yang di Nagrak” ujarnya setelah mendapatkan SKCK.

Persyaratan membuat SKCK juga cukup sederhana, mereka hanya diminta fotokopi KTP dan pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar. Berkaitan dengan biaya telah diatur oleh Peraturan Pemerintah sebesar Rp 30.000 baik untuk membuat ataupun hanya memperpanjang SKCK.

Kelulusan siswa SMA/SMK di Cianjur juga menjadi salah satu faktor terjadinya pelonjakan pembuat SKCK. Karena dalam beberapa waktu dekat para siswa juga akan memulai mencari pekerjaan.

“Sekarang kan sudah beres ujian akhir, akan ada lulusan baru yang mulai mencari pekerjaan. Begitu beres UNBK juga sudah mulai banyak siswa SMK/SMA yang membuat SKCK” ujar Anton Rohendi.

Pihak kepolisian juga sering melakukan sosialisasi terhadap masyarakat mengenai pembuatan SKCK, baik melalui sekolah-sekolah atau iklan layanan masyarakat. ●Anisa Nur Afrianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco