Pemprov dan Pemkot Saling Tuding

oleh

Kadis LH Jabar Sesalkan Pernyataan Ridwan Kamil Terkait Pengelolaan Sampah

BANDUNG | Harian Waktu – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Anang Sudarna menyesalkan pernyataan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil terkait tunggakan pembayaran Kompensasi Jasa Pelayanan (KJP) pengelolaan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, dari tahun 2011-2016 sebesar Rp2,6 miliar.

“Pernyataan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menyebut itu bukan tunggakan Pemkot Bandung, melainkan tunggakan pengelola Pasar Caringin menyesatkan publik, karena tidak punya landasan hukum yang benar, dan bertentangan dengan MOU antara Gubernur dengan Wali Kota Bandung,” kata Anang Sudarna, kemarin.

Ia menjelaskan bahwa pernyataan Wali Kota Bandung tersebut tidak benar tidak berdasar, karena dalam perjanjian kerja sama pengelolaan sampah antara gubernur dan para wali kota/bupati se-Bandung Raya, Wali Kota Bandung ikut menandatanganinya, hak dan kewajibannya sangat jelas, yaitu antara Gubernur dan walikota/bupati.

“Dalam MoU sangat tegas bahwa wali kota dan bupati berkewajiban menyediakan anggaran dalam APBDnya masing-masing untuk pembayaran KJP,” terangnya.

Menurut Anang, Gubernur Jabar tidak pernah membuat perjanjian dengan fihak manapun dalam pengelolaan sampah di kawasan ini sehingga kalau ada tunggakan pembayaran KJP, maka tidak ada hubungannya dengan pihak lain. “Kalau ada hubungan kerja sama antara Pemkot Bandung dengan Pengelola Pasar Caringinadalah urusan internal Pemkot Bandung,” ujarnya.

Ia menuturkan Pemerintah Provinsi prinsipnya sedang menjalankan apa yang telah dituangkan dalam Nota Kerja sama (MoU) dalam pengelolaan TPA Sarimukti daan pernyataan tersebut juga menunjukan Walikota Bandung tidak faham birokrasi dalam pengelolaan sampah di kawasan Bandung Raya.

“Permasalahan internal harusnya dapat diselesaikan oleh pa Walikota, apa susahnya berkoordinasi dengan PD. Kebersihan, Dinas LH Kota Bandung dan Koperasi Pasar Caringin,” papar Anang.

Ia menuturkan persoalannya terletak pada kurang pahamnya Walikota kepada pelayanan dasar urusan wajib dan pengelolaan sampah adalah pelayanan dasar yang menjadi urusan wajib pemerintah kabupaten/kota.

Wali Kota Bandung, menurut dia, lebih memprioritas urusan-urusan sekunder bahkan tersier, yang bukan urusan wajib sementara urusan dasar dan wajib diabaikan. “Dan itu perintah Undang-undang, bukan pendapat kami,” bebernya.

Lebih lanjut Anang melihat tidak adanya pemahaman yang benar dari wali kota, khususnya dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Bandung saat ini, dilihat dari berbagai indikasi.

“Menyikapi persoalan tersebut dan setelah diberikan peringatan secara tertulis sebanyak 3 kali dan tenggat waktu yang lebih dari cukup, kami akan segera menutup sementara pelayanan sampah dari Kota Bandung, sampai mereka mematuhi kesepakatan bersama yang sudah ditandatangani oleh Gubernur dan wali kota,” kata dia.

Rencana semula, mulai Selasa (11/4), pihaknya akan menutup penerimaan sampah dari Kota Bandung. Tapi atas arahan Wakil Gubernur Jabar, Dinas LH Jabar memberi kesempatan kepada Pemkot Bandung untuk menyelesaikan seluruh kewajibannya sampai 29 April.

Sebelumnya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan tuduhan yang dilayangkan Pemprov Jabar, terkait tunggakan sampah Kota Bandung dinilai keliru. Pasalnya, kata dia, Kota Bandung selalu membayar Kompensasi Jasa Pelayanan (KJP) dan Kompensasi Dampak Negatif (KDN) tepat waktu.

“Itu adalah utang Pasar Caringin. Pasar Caringin tuh seharusnya membayar ke PD Kebersihan atau Kota Bandung, baru kami setorkan ke Sarimurti,” ujar Emil.

Menurut Emil, memang Pasar Caringin mengalami masalah ihwal penyetoran biaya KJP dan KDN ke Kota Bandung. Namun, untuk pembayaran KJP dan KDN Kota Bandung, Emil memastikan tidak ada masalah.

“Jadi, saya klarifikasi Pemkot Bandung itu selalu bayar on time, jadi yang punya utang itu pihak ketiga, kira-kira begitu. Tapi penyelesaian antar-pemerintahnya sudah akan selesai, yaitu akhir bulan ini,” tuturnya. Zacky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco