UNBK SMP Lebih Sedikit Dari UNPK

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – Sebanyak 296 SMP di Kabupaten Cianjur siap melaksanakan UN pada bulan Mei mendatang. 34 sekolah diantaranya akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan 262 sekolah lainya masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Rosidin, mencatat jumlah peserta UN tahun ini sebanyak 29.295 siswa yang berasal dari SMP negeri, SMP swasta maupun SMP terbuka yang ada di Cianjur.

“UN tahun ini akan diikuti oleh seluruh SMP di Kabupaten Cianjur, baik dari SMP negeri, swasta, maupun SMP terbuka dengan jumlah peserta sebanyak 29.295 siswa SMP,” ujar Rosidin.

Masih banyaknya sekolah yang kekurangan fasilitas komputer menyebabkan sebagian besar SMP masih melaksanakan UN manual. Dinas Pendidikan terus berupaya dalam melengkapi fasilitas untuk Ujian Nasional.

“Mereka bukan tidak memiliki komputer, hanya saja belum memadai. Kami juga terus berupaya melengkapi fasilitas agar di tahun ajaran 2017-2018 nanti lebih banyak lagi yang melaksanakan UNBK,” tambahnya.

Menjelang UN pada tanggal 3-6 Mei mendatang, berbagai persiapan juga telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan ataupun pihak sekolah penyelenggara UN sendiri. Sekolah terus memberikan pelajaran tambahan dan sedikitnya telah dua kali melaksanakan simulasi menjelang Ujian Nasional Tahun Ajaran 2016/2017.

Dinas Pendidikan juga telah memberikan imbauan khusus kepada para guru maupun siswa dalam menghadapi UN untuk mempersiapkan diri baik perangkat UNBK ataupun UNKP.

“Sekolah harus mempersiapkan diri seperti perangkat. Terutama mental siswa, agar siswa tidak terlalu stress,  yang penting anak-anak bisa UN dengan lancar,” tegasnya. ●Anisa Nur Afrianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco