Menjelang Ramadhan Gepeng Meningkat Dua Kali Lipat

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – Mengantisipasi meningkatnya jumlah gelandangan dan pengemis (Gepeng) saat memasuki bulan Ramadhan, Dinas Sosial Kabupaten Cianjur akan mensosialisasikan kepada masyarakat dan melakukan pembinaan kepada gepeng yang memang menjadi rutinitas setiap tahunnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, Sumitra mengatakan, berdasarkan pengalaman setiap tahun. Setiap bulan Ramadhan, jumlah gepeng, pengemis dan anjal meningkat. Terutama di titik keramaian kota Cianjur. “Setidaknya ada 9 titik keramaian di Kabupaten Cianjur yang menjadi tempat gepeng, namun disinyalir tidak hanya itu akan ada titik baru yang menjadi tempat gepeng beraksi yaitu di pusat keramaian baru,” ujarnya.

Sumitra mengatakan gepeng musiman akan bertambah dua kali lipat menjelang Ramadhan dan kebanyakan dari luar daerah. “Biasanya gepeng musiman dari luar kota tapi ada pula yang berasal dari cianjur itu sendiri,” ujarnya.

Menurut Sumitra, atas dasar tersebut pihak dinsos akan melakukan langkah prreventif, dengan melakukan pembinaan terhadap gepeng yang ada dengan memberikan pengertian dan pemahaman agar mau mengikuti rehabilitasi dari dinas sosial. “Kalo Dinsos itu hanya pencegahan dan pembinaan, biasanya untuk penindakan dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja,” ujarnya.

Walau demikian ia berjanji akan berkoordinasi dengan steak holder yang terkait guna menangani hal tersebut. Selain itu perlu adanya Perda yang lebih sepesipik yang memberikan ketegasan untuk larangan gepeng di Kabupaten Cianjur. “Jika berkaca dari daerah lain, untuk mencegah merebaknya gepeng, perlu adanya aturan yang tegas seperti tercantumnya dendaan bagi masyarakat yang memberikan uang kepada gepeng,”tuturnya.

Ia menghimbau, bagi masyarakat yang hendak bersedekah, menganjurkan untuk memeberikannya kepada lembaga yang jelas, seperti yayasan yatim piatu, atau yang lainnya. “Kami mengharapkan agar masyarakat dapat memberikan hartanya kepada lembaga yang syah,” pungkasnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco