Tak Hanya Persib yang Bermasalah

oleh

BANDUNG | Harian Waktu – Kartu Tinggal Izin Sementara (Kitas) ternyata bukan hanya jadi masalah pemain asing di Persib, Michael Essien dan Carlton Cole. Marquee player Madura United (MU) Peter Odemwingie juga nyatanya belum memiliki Kitas dan tetap diturunkan timnya pada laga pertama mereka.

Bahkan, Odemwingie mencetak gol saat Madura United menang 2-0 atas Bali United pada laga pertama. “Pemain asing yang Kitas-nya masih berproses dibolehkan main. Syaratnya, asal ada pertanggungjawaban bahwa pemain itu sedang dalam pengurusan Kitas,” ujar Manajer Madura United Haruna Soemitro. Pernyataan Haruna dikutip dari CNN Indonesia.

Menurut Haruna, semua pemain asing yang datang pasti belum punya Kitas. Kelengkapan itu diproses setelah mereka datang. Dalam prosesnya, kata dia, ada tiga tahapan, yakni verifikasi dari PSSI, rekomendasi, lalu ke BOPI. Setelah mereka engeluarkan rekomendasi, lalu ke Kementerian Ketenagakerjaan, dan terakhir ke Imigrasi.

CEO PT LIB Risha Adi Widjaya mengatakan, toleransi diberikan oleh operator liga kepada seluruh klub. Klub boleh memainkan pemain asing yang belum punya Kitas asalkan pemain tersebut memang sedang diurus Kitas-nya. Toleransi selama sebulan sejak liga digulirkan itu diberikan mengingat tahapan proses pembuatan izin itu bisa memakan waktu hingga satu bulan.

Tapi, jika dalam waktu sebulan masa toleransi sejak liga dimulai itu pemain masih belum ber-Kitas maka keabsahan mereka akan dibatalkan. Artinya, pemain asing itu otomatis dilarang bermain di kompetisi Indonesia.

Seperti diketahui, polemik Kitas untuk pemain asing pada Liga 1 Indonesia musim 2017 muncul setelah BOPI menyoroti Persib yang memainkan Michael Essien dan Carlton Cole saat melawan Arema FC, Sabtu 15 April 2017. BOPI atau Badan Olahraga Profesional Indonesia menilai, mereka dengan PT Liga Indonesia Baru (PT?LIB) selaku pengelola Liga 1 sudah sepakat terkait larangan pemain asing bermain tanpa adanya Kitas.

Sementara itu Manajer Persib Umuh Muchtar mengatakan, Persib tidak melanggar prosedur. Menurut dia, keputusan menurunkan Essien dan Cole sudah berdasarkan persetujuan dari para petinggi PSSI dan PT LIB.

Michael Essien merupakan mantan pemain Chelsea (2005-2014), Real Madrid (2012-2013, pinjaman), Milan (2014-2015), dan Panathinaikos (2015-2016) itu mulai dikontrak Persib Bandung sejak 14 Maret 2017.

Sementara Carlton Cole adalah mantan pemain Chelsea (2001-2006), Wolverhampton Wanderers (2002-2003, pinjaman), Charlton Athletic (2003-2004, pinjaman), Aston Villa (2004-2005, pinjaman), West Ham United (2006-2015), Celtic (2015-2017), dan mulai dikontrak Persib pada 29 Maret 2017.

“Memang sedang diurus (Kitas) tapi belum beres. Namun dari pihak PSSI dan operator bilang tidak masalah dan boleh sambil jalan. Sebelum memainkan mereka, kami sudah tanya ke para petinggi PSSI, dan boleh,” kata Umuh.

Manajer Persib itu mengatakan, dia belum mendapatkan panggilan dari pihak imigrasi terkait masalah Kitas kedua pemain mahalnya itu. Ia memastikan , Kitas Essien dan Cole sudah langsung diurus oleh manajemen saat Persib merekrut kedua pemain itu. Namun memang, pengurusan hingga terbitnya Kitas membutuhkan waktu tidak sebentar. Selama pengurusan itu, PSSI memberikan toleransi untuk memainkan pemain yang bersangkutan.

“PSSI tahu, ini sedang proses, jadi kami yakin tidak ada masalah. Lagian, mereka ini bukan pemain sembarangan. Negaranya jelas, rekam jejaknya jelas, bukan imigran gelap. Harusnya kita bangga ada pemain internasional mau main di liga kita, membesarkan sepak bola kita di mata internasional. Kalau mau dimasalahkan juga silakan, asalkan jangan karena faktor tidak suka,” ujar Umuh.

Dia berharap, sepak bola Indonesia yang sudah kembali hidup dengan bergulirnya liga. Kompetisi yang didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo itu jangan sampai kembali direcoki konflik-konflik yang kontraproduktif. PSSI maupun BOPI diharapkan bisa bersinergi untuk membuat Liga 1 berjalan tanpa kegaduhan di level atas. Zacky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco