Hujan Badai Terjang Bandung, Tumbangkan Pohon di 41 Titik di Kota Bandung

oleh

BANDUNG | Harian Waktu – Hujan badai melanda Kota Bandung, kemarin. Hujan deras yang disertai turunnya butiran es dan angin kencang itu menumbangkan pohon di 41 titik Kota Bandung. Selain itu sejumlah tiang atau papan reklame juga roboh dan menimpa kendaraan di beberapa titik.

Tak ada korban jiwa atas kejadian ini. Namun kerugian materi diperkirakan cukup besar dan jika dikalkulasikan mencapai ratusan jutan rupiah bahkan lebih.

Keterangan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DKP3) Kota Bandung Arif Prasetya menjelaskan, sampai sore pukul 15.30 WIB telah dilaporkan sebanyak 41 lokasi pohon tumbang dan dahan patah.

Tiga kendaraan roda empat tertimpa pohon. Dua kendaraan roda empat tertimpa reklame. “Belum ada laporan korban jiwa ataupun warga yang terluka,” kata Arif.

Sejumlah kejadian pohon tumbang dilaporkan warga lewat media media sosial. Beberapa lokasi yang dilaporkan di Jalan Turangga, Jalan Ibrahim Adjie, Jalan Ciliwung, jalan Citarum, Jalan Dago, dan Jalan Talaga Bodas.

Sementara sebuah papan reklame besar di dekat flyover Antapani. Akibatnya lalu lintas di sekitar lokasi pun tersendat. Beruntung, reklame ukuran raksasa tersebut tidak langsung jatuh menimpa badan jalan di sekitaran flyover Antapani. Reklame tersebut tertahan bangunan jembatan yang merupakan ikon baru Kota Bandung tersebut.

Donny (38) salah seorang saksi mengatakan. Reklame terjatuh dikarenakan saat hujan terjadi, angin pun kencang di lokasi tersebut. “Tadi saya saat berada dari arah Jalan Ibrahim Adjie akan menuju ke Jalan Jakarta melihat reklame tersebut sudah bergoyang-goyang. Saya sempat khawatir karena reklame ditakutkan jatuh menimpa orang di bawah reklame tersebut. Beruntung reklame tertahan flyover,” kata Donny.

Warga pun kata Donny berhamburan mencari lokasi berteduh yang terjamin keamanannya. “Banyak yang lari ke kolong flyover, khususnya pengendara sepeda motor,” ujarnya.

Tak hanya itu saja beberapa lokasi lainnya juga mengalami musibah yang hampir serupa. Seperti di kawasan Jalan Talaga Bodas, sebuah pohon pun tumbang di lokasi itu. Lalu jalan Laswi sebuah baligo juga jatuh menimpa badan jalan. Selain itu beberapa ruas jalan utama di Kota Bandung pun banyak berserakan ranting pohon.

Angin juga menumbangkan baligo di kawasan Jalan Supratman tersebut dan menimpa sebuah mobil. Tetapi meski tak menimbulkan korban jiwa namun mobil yang ditimpa merupakan mobil yang sedikit mewah. Sehingga dipastikan kerugian pun mencapai jutaan rupiah.

Tak hanya pohon tumbang atau reklame tumbang. Akibat hujan es yang disertai angin kencang ini pun, beberapa ruas jalan utama di Kota Bandung terendam banjir Cileuncang.

Di Jalan Supratman genangan air setinggi mata kaki pun tak ayal menggangu para pengguna jalan. Namun seperti biasa banjir Cileuncang ini tak akan bertahan lama seiring pembangunan drainase di Bandung yang makin membaik.

Oleh karenanya kepada para pengguna jalan diharapkan lebih berhati-hati saat berkendara. Karena meski hujan berangsur-angsur reda, namun tidak menutup kemungkinan angin kencang dan hujan deras akan kembali lagi.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung menuturkan, sejumlah personel baik dari Polrestabes Bandung maupun Polsek dikerahkan untuk membantu penanganan. Kendati terjadi sejumlah kerugian materi, tidak ada korban jiwa akibat cuaca ekstrem tersebut.

“Alhamdulillah semua teratasi. Tidak ada korban jiwa, namun ada korban luka, dan kerugian materi seperti kendaraan yang tertimpa, termasuk mobil patroli Polsek Bandung Wetan,” ujarnya. Fazar/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco