Meraup Puluhan Juta Dari Ternak Burung Merpati

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – Berternak burung merpati adalah salah satu usaha sederhana dan merakyat, namun hasilnya senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Berawal dari hobi yang selanjutnya dijadikan peluang untuk usaha. Banyak masyarakat yang hobi memelihara burung merpati, terutama para kaum adam.

Burung  merpati disebut juga dengan burung dara adalah salah satu jenis burung cantik yang merupakan burung romantis. Burung dara atau merpati ini merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan.  Dengan cara perkembangbiakannnya yaitu bertelur sehingga sangat mudah perawatannya.

Seperti hal nya yang di lakukan oleh Rr. Azis Elvino (35) atau biasa di kenal dengan nama Astrabrata sudah bergelut di dunia ternak merpati khususnya merpati balap selama 20 tahun. Menurut nya bisnis merpati ini adalah bisnis yang di gaji.

“Untuk satu ekor merpati hasil dari kandang saya di bandrol dengan harga 1,5 juta rupiah hanya dengan modal perawatan dan pakan 400 ribu rupiah dari pertama lahir hingga terjual. Jadi untungnya lumayan besar, ini terjadi karena untuk merpati balap ini yang di jual adalah kualitas. Semakin bagus kualitas maka harganyapun semakin tinggi,” jelas Astabrata kepada Harian Waktu saat berbicang di rumahnya Rabu (19/4) kemarin.

Rata-rata dalam satu bulan burung yang terjual dari kandangnya ini mencapai 6 sampai 10 pasang. Kebanyakan pembeli yang datang dari luar kota Cianjur. Karena sasaran pasar saya ini memang luar daerah.

Menurut Astrabrata pasaran burung merpati di Cianjur ini belum cukup tinggi. Karena memang belum terlalu banyak pecinta merpati balap di Cianjur. Itu terjadi kaerna kurangnya dukungan dan perhatian dari pemerintah kepada pecinta dan peternak merpati di Cianjur.

“Kalo di luar kota itu banyak sekali event yang di selenggarakan pemerintah semisal  piala gubernur, piala bupati dan sebagainya. Maka secara tidak langsung dari event yang bergengsi itu akan bermunculan pecinta burung balap yang baru. Dan pasaran burung balap di Cianjur pun akan meningkat,” harap Astra.  Asep Hendrayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco