120 Warga Binaan Lapas Kelas 2B Khotam Al-Quran

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – 120 warga binaan Lapas kelas 2B Kabupaten Cianjur laksanakan khatam Alquran, Kamis (20/4) kemarin. Acara tersebut dicanangkan oleh panitia gerakan nusantara mengaji bekerjasama dengan  kementian hukum dan ham, guna meningkatkan kesadaran keagamaan terhadap warga binaan. 

Kepala Lapas kelas 2B Kabupaten Cianjur, Yunianto mengatakan kegiatan khatam Alquran tersebut dilakukan secara serentak seluruh Indonesia, sekaligus memecahkan rekor Muri. “Kegiatan ini adalah kegiatan yang postif untuk menambah supporting kepada keluarga binaan, sehingga diharapkan bisa memacu mereka untuk benar-benar mendalami agama,” ujarnya.

Dia mengatakan kegiatan yang bermuatan keagamaan tentunya bisa dilakukan secara periodik dan berkelanjutan, apalagi di Cianjur sebenarnya dengan metode pembinaannya pondok pesantren. “Gerakan nusantara mengaji memang pertama kali dilakukan di seluruh Indonesia, bagusnya harus berkelanjutan Supaya warga binaan ketika bebas dari lapas seperti terlahir kembali mereka bisa zero negative bahwa saat kembali kemasyarakat,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan di lapas kelas 2B Cianjur tidak ada persiapan khusus, sebab dengan pembinaan di pesantren Ataubah sudah terbiasa, bahkan etiap Senen sampai Kamis di laksanakan solat Dzuha dan sesudahnya dilaksanakan juga tadarus Alquran. “Bagi kami memang tidak ada persiapan khusus, namun kami hanya mempersiapkan dan menyeleksi warga binaan kami, 120 orang pembaca Alquran dari 755 warga binaan,” ungkapnya.

Sementara itu ketua panitia gerakan nusantara mengaji, Lepi Alifirmansyah mengatakan, bahwa terselengaranya kegiatan tersebut dalam rangka menyambut hari Bakti Pemasyarakatan ke 53 tahun. Sebagai bentuk usaha untuk menciptakan Indonesia yang lebih damai secara umum, dan khususnya untuk Cianjur lebih agamis. ”Hari ini kita bekerjasama dengan MUI dan para ulama untuk memandu melaksanakan Khotam Quran, dan kerjasama dengan kementian hukum dan ham dalam hal ini pihak lapas agar warga binaan ini tetap tawakal dan kembali memupuk harapan untuk lebih baik lagi,” ujarnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco