O2SN dan FLS2N Ajang Adu Prestasi Anak SD dan SMP

oleh

CIANJUR | Harian Waktu – Gebyar penyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festipal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Cianjur 2017 resmi dibuka Bupati Cianjur DR. H. Irvan Rivano Muchtar dengan melepas balon ke udara di halaman pendopo. Jl. Siti Jenab No. 31 Cianjur, Selasa (25/4) kemarin.

Ketua Panitia Penyelenggara O2SN dan FLS2N, Rosidin mengatakan, kegiatan tersebut sudah menjadi rutinitas dilingkungan Dinas Pendidikan Cianjur dan sangat ditungu oleh para siswa terutama pegiat ekstrakulikuler. “Kegiatan tersebut di ikuti sekitar 1020 peserta siswa tingkat SD dan 240 peserta di tingkat SMP se Kabupaten Cianjur yang diselenggarakan mulai tanggal 25 sampai 27 April 2017,” ujarnya.

Adapun tahap penyelenggaraan gebyar olimpiade dan lomba tersebut telah dilaksanakan di setiap gugus dan UPTD kecamatan dijenjang SD, sedang di SMP menurutnya, seleksi di bagi atas 8 sub rayon. “Tentunya peserta yang hari ini tampil adalah hasil kompetisi di masing-masing tingkatan yang di ambil juaranya, kemudian dipertandingkan kembali di tingkat kabupaten sebagai salah satu evaluasi dan proses seleksi di tingkat kecamatan dan sub rayon,” terangnya.

Sementara itu Agus Supiandi ketua bidang sekolah dasar sekaligus penanggungjawab O2SN dan FLS2N tingkat sekolah dasar, mengatakan dari cabang olahraga dan seni yang di perlombakan ada 2 cabang olahraga di tingkat SD yang tidak akan di perlombakan di tingkat provinsi dan nasional, yaitu cabang olahraga voli dan tenismeja, namun di tingkat kabupaten masih di perlombakan.

“Menurut juklak dan juknis O2SN cabang olahraga voli dan tenis meja tidak ada, namun karena animo masyarakat terhadap kedua cabang olahraga tersebut sangat antusias kita tetap melaksanakannya dan memang ada beberapa olahraga yang dihilangkan semacam futsal atau sepak bola mini yang dulu dipertandingkan,” ujarnya.

Walau demikian menurut Agus, ke dua cabang olahraga tersebut akan menjadi barometer dan tolak ukur untuk mencetak bibit-bibit baru di bidang olahraga tersebut. “Kita sudah bekerjasama dengan KONI kabupaten Cianjur, untuk pembibitan dan pembinaan olahraga sejak dini, terlepas olahraga yang di perlombakan karena memang sudah menjadi ketentuan dan akan dipertandingkan di tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya.

Sementara itu Nandang Kosasih, ketua kelompok kerja kepala UPTD TK/SD Kabupaten Cianjur mengharapkan, melalui kegiatan dilingkunagn pendidikan dan kebudayaan tersebut akan tercipta mental juara yang kuat di masing-masing peserta, sehingga ke depan mucul prestasi baik di bidang olahraga dan kesenian.

“Pada dasarnya anak perlu dipupuk secara kemampuan akademik, maupun olahraga seni dan budaya, untuk memupuk kebersamaan dan disiplin yang tinggi kemudian itu adalah satu proses menuju tujuan dari pendidikan nasional,” imbuhnya. Ismat Nasrulloh

 Daftar Cabang Yang Dilombakan

            Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN)

  1. Tingkat SD : Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate
  2. Tingkat SMP : Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate

           Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

  1. Tingkat SD : Menyanyi Solo, Menari, Pidato, Baca puisi
  2. Tingkat SMP : Menyanyi Solo, Menari, Baca puisi, Gitar solo, Musik tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco