Semua Pihak Wajib Miliki Dokumen LH  

0 550
Link Banner

KARANGTENGAH | Harian Waktu – Pelaku usaha dan instansi perkantoran wajib memiliki dokumen lingkungan hidup. Kerena hampir semua pelaku usaha dan instansi perkantoran milik swasta ataupun pemerintah belum memiliki pembuatan dokumen lingkugan hidup.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur membuat gebrakan sebagai inovasi pelayanan terhadap masyarakat dengan melayangkan Surat Edaran kewajiban pembuatan dokumen lingkungan hidup bagi pelaku usaha dan instansi perkantoran swasta dan pemerintah.

Sedikitnya saat ini 300 surat sudah dibuat dan 100 surat edaran kewajiban pembuatan dokumen lingkungan hidup bagi pelaku kegiatan usaha baik swasta maupun pemerintah.

Kepala Seksi Kajian Dampak Lingkungan Asep Hendriana menjelaskan, dari seratus surat edaran yang dikirim, instansi seperti Dinas, Badan, Lembaga dan Kantor (Dibaleka) Pemerintah yang terlebih dahulu disambangi tim ekspedisi surat edaran. Termasuk BUMD dan BUMN sudah kita kirimi surat edarannya.

“Baru setelah itu kita mulai ekspedisi ke jenis usaha swasta,” katanya.

Asep juga menerangkan bahwa surat edaran ini sebagai kelanjutan dari Mentri Lingkungan Hidup Nomor : SE.7/MENLHK/SETJEN/PLA.4/12/2016, tanggal 28 Desember 2016 tentang Kewajiban Memiliki Dokumen Lingkungan Hidup Bagi Orang Perseorangan atau Badan Usaha Yang Telah Memiliki Izin Usaha dan atau kegiatan usaha. Surat edaran DLH Cianjur ini juga berdasarkan ketentuan Pasal 121, Undang-undang Nomor: 32 tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Setelah kantor pemerintahan, BUMN dan BUMD, lanjut Asep, semua jenis usaha yang masuk dalam kategori peraturan dari surat edaran KemenLHK dan UU nomor 32 tahun 2009 akan segera dikirim juga. Setelah itu mereka, yang sudah menerima surat edaran kami, wajib membuat laporan kegiatan dokumen lingkungan hidup itu.

“Apabila mereka lalai atau tidak menjalankannya akan ada sangsinya berupa teguran atau rekomendasi penutupan jenis usaha,” ucapnya menegaskan.

Jenis usaha swasta itu tambahnya, antara lain gedung perkantoran, tempat pendidikan, perdagangan dan jasa, showroom, bengkel, budi daya pertanian, perikanan peternakan, kawasan wisata, hotel restoran, industri, kawasan perumahan, rumah sakit, klinik rawat inap, labolatorium, ataupun jenis usaha lainnya.

“Inti dari keberadaan surat edaran ini karena banyaknya keluhan dari masyarakat soal limbah usaha yang tidak dikelola dengan benar,” pungkas Asep diruang kerjanya. Ruslan Ependi

Category: Waktu CianjurTags:
resto
No Response

Leave a reply "Semua Pihak Wajib Miliki Dokumen LH  "

[+] kaskus emoticons