Tari Angsa SMPN 3 Cianjur Memukau Penonton

0 1239
Link Banner

CIANJUR | Harian Waktu – Team tari SMP Negeri 3 Cianjur berhasil memukau para penonton dengan menampilkan tari Soang pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP Kabupaten Cianjur yang diselenggarakan di Kompleks Gedung Mardiyuana Cianjur pada Rabu (26/04) kemarin.

Lima orang siswa menampilkan dengan sangat baik setiap gerakan yang sengaja dibuat oleh pelatih ekstrakulikuler tari SMPN 3 Cianjur, Ferra Octavia. Tidak sembarangan, kelima siswa yang berasal dari siswa kelas VIII itu telah diseleksi langsung oleh pelatih untuk mengikuti lomba.

“Awalnya kita mencari bakat anak karena berbeda-beda setiap anaknya, kemudian kita mencoba menggali konsep kira-kira konsep apa yang akan mudah ditampilkan itu seperti apa, setelah itu baru mencari sebuah gerak” ujar Ferra Octavia, pelatih tari SMPN 3 Cianjur.

Setiap detail gerakan memperlihatkan kesederhanaan yang memang ingin ditonjolkan dalam tampilan kali ini. Konsep tari angsa atau soang didukung dengan kostum ciri khas warna putih sebagai simbol sebuah kesetiaan menambah tampilan mereka semakin memukau.

“Gerakan tarinya memang disederhanakan karena memang mereka tidak seperti penari khususnya, mereka anak-anak eskul yang masih belajar dan belajar, jadi saya buat lebih sederhana tetapi menarik. Kostumnya pun tentu harus berhubungan dengan konsep. Karena konsep dan kostum harus sepadan harus nyambung,” katanya.

Konsep itu terinspirasi dari hewan angsa yang setia hanya pada satu pasangan, sehingga menggugah Ferra untuk membuat gerakan dengan cara merubah ide menjadi sebuah gerakan yang menarik. Dia juga ingin memperkenalkan angsa atau soang yang notabene kurang dikenal orang banyak.

“Angsa yang saya ambil disini lebih ke soang, bukan hanya memiliki simbol tertentu, tetapi saya ingin soang yang tidak pernah dilirik siapapun ternyata punya simbol yang luar biasa sebenarnya, jadi menciptakan sesuatu yang baru,” ujar Ferra.

Sebelumnya, tim tari SMPN 3 Cianjur juga telah mengikuti lomba yang sama pada tahun lalu meskipun mereka hanya meraih juara kedua tingkat sub rayon. Berkaca dari tahun sebelumnya, para peserta lebih semangat lagi dalam berlatih untuk lomba tahun ini.

Nunung Nurhayati, Pembina Tari SMPN 3 Cianjur juga sangat mengapresiasi bakat anak-anak didiknya yang sangat optimis dalam lomba kali ini. “Anak-anak sangat luar biasa optimis, semangat sekali, bahkan latihannya juga getol, mereka rajin dan tanpa disuruhpun mereka berinisiatif sendiri untuk latihan,” ujar Nunung. Anisa Nur Frianti

Category: Cianjur PintarTags:
resto
No Response

Leave a reply "Tari Angsa SMPN 3 Cianjur Memukau Penonton"

[+] kaskus emoticons