Dewan : Kinerja Bupati Patut Diapresiasi

oleh

[highlight style=”red”]CIANJUR | Harian Waktu[/highlight] – Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman menyatakan sepakat dan menerima keputusan DPRD Kabupaten Cianjur, tentang program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur tahun 2017. Menurutnya, keputusan merupakan pedoman bagi pihak eksekutif dalam membentuk Peraturan Daerah (Perda).

Semua skala prioritas penyampaian dan pembahasan Raperda, kata dia, diserahkan sepenuhnya kepada pimpinan dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dengan memperhatikan ketentuan dan peraturan dan perundang – undangan serta kepentingan bersama.

“Saya harap, kita dapat menyelesaikan apa yang telah diputuskan dalam Rapat Paripurna ini. Saya pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dewan yang terhormat,” ujar Herman, dalam Rapat Paripurna dengan agenda membahas laporan Panitia Khusus (Pansus) tentang pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Cianjur tahun anggaran 2016 dan dilanjutkan persetujuan DPRD Kabupaten Cianjur.

Sedangkan dari pihak DPRD Kabupaten Cianjur yang dibacakan Ketua Pansus LKPJ, Usep Setiawan dari Praksi Partai Demokrat menyatakan bahwa kinerja Bupati Cianjur dalam kurun waktu satu tahun kebelakang patut untuk diapresiasi.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 23 Ayat (2) Peraturan Pemerintah Undang-undang no 3 Tahun 2007, lanjut dia, dinyatakan bahwa LKPJ Kepala Daerah selanjutnya dibahas oleh DPRD secara internal yang disesuaikan dengan peraturan tata tertib DPRD.

Guna memenuhi ketentuan tersebut,  kata dia, DPRD telah membentuk Pansus melalui keputusan pimpinan Dewan Nomor 172.2/05/DPRD/2017 Tentang Pembentukan Pembahas LKPJ Bupati Cianjur Tahun anggaran 2016.

“Pansus ini diberi tugas melakukan pembahasan secara internal terhadap materi LKPJ Bupati,” ucapnya, kemarin.

Hasil kajian, penelitian dan penelaahan Pansus, lanjut dia, akan dilaporkan dalam rapat Paripurna. Dan selanjutnya, dijadikan sebagai dasar untuk penetapan keputusan DPRD berupa rekomendasi DPRD kepada Bupati.

Usep menjelaskan, rekomendasi tersebut berupa catatan – catatan strategis yang berisikan saran, masukan, dan/atau koreksi terhadap penyelenggaraan disentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintah. ”Disamping itu juga sebagai perbaikan penyenggaraan pemerintahan daerah kedepan,” tuturnya.

Pihaknya, selaku Ketua Pansus LKPJ meminta persetujuan dari para Anggota Dewan, demi keabsahan agenda Rapat Paripurna LKPJ Bupati tersebut. “Dan Alhamdulillah, disetujui oleh seluruh anggota DPRD yang hadir,” ujarnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco