Pemasangan Baligo APBDes Wajib

oleh

[highlight style=”red”]CIANJUR | Harian Waktu[/highlight] – Pemasangan baligo Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) di Kabupaten Cianjur masih ada yang belum terevaluasi terutama di Cianjur Selatan. Baligho APBDes diperuntukan agar masyarakat bisa mengetahui anggaran pembangunan di desanya sendiri.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Tedi Artiawan sebanyak 120 desa sudah disarankan untuk membuat banner atau yang biasa disebut baligo pengeluaran Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Bantuan Provinsi (Banprov).

“Pembinaannya sendiri dilaksanakan disetiap kecamatan terdekat,” ujarnya

Tedi menegaskan, hal itu dilakukan karena, apabila pembinaannya langsung di desa waktunya terlalu lama. Diperlukan waktu sekitar 3 tahun untuk mengunjungi seluruh desa se Kabupaten Cianjur.

Pembinaan dan pemeriksaan terhadap desa yang belum terevaluasi lanjutnya, yang sudah dilaksanakan adalah hampir setengah dari desa yang ada di Kabupaten Cianjur

Kadis PMD ini berharap agar setiap desa memasang baligho APBDes untuk pemberitahuan kepada masyarakat, dari mana saja sumber dana ketika dalam pelaksanaan pembangunan swakelola.

Dalam pembangunannya Tedi menekankan supaya pihak desa bisa menggunakan jasa masyarakat. Selain bagian salah satu peraturan, hal itu juga diharapkan biar Kepala Desa bisa lebih dekat dengan masyarakat di desa yang dipimpinnya. Karena diyakini, apabila kegiatan dibangun dengan sistem swakelola bisa lebih meningkatkan kualitas objek yang dibangunnya. “Apabila melalui pihak ke tiga atau pemborong, yang diberdayakan hanya pihak pemborong itu saja,”pungkasnya.

Sedangkan salah seorang warga masyarakat Desa Talagasari Kecamatan Kadupandak, Ruskandi (47) menyatakan mendukung apa yang dilakukan oleh Kadis PMD.

Menurutnya, selama tidak adanya keterbukaan dalam pengelolaan keuangan atau APBDes, maka potensi konflik di desa lebih besar dari biasanya. Apalagi kondisi masyarakat sekarang ini sudah begitu kritis karena sumber informasi yang mudah sekali diperoleh.

” Pokoknya pemasangan baligho APBDes harus ada,” ujarnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco