May Day Tidak Harus Demo

oleh

[highlight style=”red”]CAMPAKA | Harian Waktu[/highlight] Hari libur May Day tanggal 1 Mei diperingati oleh kalangan buruh di selruh Indonesia. May Day tidak melulu harus diisi dengan kegiatan demo. Seperti yang dilakukan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Cabang Cianjur dan Dewan Pimpinan Cabang Koodinator Serikat Buruh Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (DPCK Sarbumusi NU) Cianjur mengunjungi objek wisata Gunung Padang sebagai ajang pertemuan dan kekeluargaan bagi kaum buruh anggotanya.

Ketua SPSI Cabang Kabupaten Cianjur, Hendra Malik menjelaskan kegiatan organisasinya di kawasan objek wisata Gunung Padang Kecamatan Campaka adalah selain untuk berekreasi para anggotanya juga sebagai ajang promosi keberadaan Gunung Padang yang sudah mendunia dikalangan buruh. Tidak ketinggalan juga SPSI melakukan santunan bagi para anak yatim piatu dan orang tua jompo dari masyarakat setempat sebagai tanda rasa kepedulian kaum buruh terhadap anak bangsa.

“Keterbatasan penghasilan kaum pekerja tidak akan menghilangkan sama rasa terhadap kaum dhuafa,” ujarnya.

Menurut Hendra Malik, respon dari kaum pekerja sangat baik dengan diadakannya May Day dengan cara rekreasi dan berbagi kepedulian seperti ini. Dilain hal juga dirinya menjelaskan sebagian kaum pekerja memperingati May Day ini ada yang berangkat ke Bandung ataupun Jakarta untuk menggelorakan perlawanan terhadap system perburuhan yang masih menelikung rasa keadilan dikalangan kaum pekerja.

Ketua SPSI Cabang Cianjur ini pun memaparkan perihal aksi mereka pada bulan Agustus 2016 lalu yang disikapi baik oleh Bupati Cianjur hingga muncul surat himbauan agar seruluh perusahaan yang ada menghapuskan system kerja kontrak tapi sayangnya, pihak perusahaan belum melaksanakannya.

Senada dengan Ketua SPSI Cabang Cianjur, Ketua DPCK Sarbumusi NU Kabupaten Cianjur, Nurul Yatim menegaskan May Day adalah simbol kemenangan bagi buruh atas pengakuan dari Pemerintah. Namun demikian, dengan adanya May Day juga semakin jelas bahwa masih banyak kaum buruh yang tertindas dan belum mendapatkan hak-haknya secara normatif, misalnya banyak perusahaan yang tidak jelas menerapkan jam kerja, upah lembur, cuti haid, status karyawan tetap atau kontrak, bahkan hitung-hitungan upah borongan yang tidak jelas sehingga karyawan/ti seperti kerja rodi karena dikejar target.

“Khusus mengenai status karyawan, ternyata himbauan Bapak Bupati Cianjur untuk menjadikan karyawan tetap 100% tidak pernah dijalankan oleh pihak perusahaan di Kabupaten Cianjur,” tukasnya menyayangkan.

Harapannya, May Day jangan sampai menjadi ingatan buruk bagi buruh akan ketertindasan nasibnya. May Day juga jangan menjadikan kaum buruh jumawa akan kemenangan atas perjuangannya. Melainkan jadikan May Day is Holiday, kemenangan yang membahagiakan. Kemenangan yang menyatukan antara buruh untuk maju. Maka wajib hukumnya buruh dan keluarganya bisa hidup sejahtera. ”Kuncinya adalah hak antara buruh dan pengusaha sama-sama terpenuhi,” ucapnya.

Menurut Nurul Yatim, May Day jangan dijadikan perjuangan dalam kemenangan tapi manfaatkan kemenangan untuk berjuang mewujudkan kesejahteraan lahir dan bathin. Dari situ, maka May Day adalah kegembiraan bagi buruh beserta keluarganya untuk sekedar berlibur atau merekatkan waktu untuk keluarga agar lebih harmonis menuju keluarga sakinah mawadah warohmah itulah inti kemenangan May Day.

“May Day tidak harus selalu untuk abring-abringan mengerahkan masa dan memadati jalan raya sehingga mengganggu para buruh lain yang sedang menikmati kemenangan May Day. Sesekali hiburankan tidak ada yang larang,” tambahnya

Maka dari itu lajutnya, seharusnya pemerintah Kabupaten Cianjur bisa membantu merayakan kemenangan buruh ini dengan menggelar event-event yang dibutuhkan buruh pada hari besarnya. Sehingga kualitas liburan bagi buruh lebih meningkat. Kaum buruh juga menyumbang pajak penghasilan yang tidak sedikit, maka di moment hari buruh ini seharusnya pemerintah mengeluarkan minimal 10% dari penghasilan PPh untuk kegiatan buruh. ●Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco