Sambil Kuliah Coba Kembangkan Usaha Durian Diw Diw

oleh

[highlight style=”red”]CIANJUR | Harian Waktu[/highlight] Untuk menikmati buah durian kupas asal Medan yang terkenal lebih legit dari jenis durian yang biasa dijumpai di pulau Jawa, kini tidak perlu jauh-jauh pergi ke Medan karena bisa dinikmati langsung oleh masyarakat Cianjur di Cianjur. Bahkan penghobi buah durian tidak usah lagi pergi keluar dari rumah. Cukup pesan saja lewat telepon, SMS atau WA maka durian yang dinamai Diw Diw ini akan diantar si penjual ke depan pintu.

Dari dua orang yang merintis bisnis penjualan Durian Diw Diw adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Suryakencana Cianjur yaitu Tedi Rustandi, warga Jalan Raya Cibeber, Kampung Ciharashas, KM 07, RT. 002 RW. 007, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku. Dirinya merasa tertarik terjun ke dunia bisnis ini secara kecil–kecilan dan belum mampu memesan dalam jumlah banyak dari kota asalnya Medan.

“Untuk sekarang, hanya bisa memesan cuma 30 boks saja,” katanya.

Usaha penjualan Duria Diw Diw ini oleh Tedi dijadikan sebagai tumpuan harapan untuk membantunya menyelesaikan study yang sebentar lagi selesai. Dirinya sudah merasa malu bila harus terus bergantung pada orang tuanya. Untuk pelanggannya sendiri, Tedi mengaku masih dalam putaran orang–orang yang dikenalnya dari kalangan politisi, pejabat, mahasiswa dan wartawan.

Kembali pada bisnis Durian Diw Diw, Tedi menjelaskan mengenai harga yang cukup terjangkau. Dengan harga Rp. 90. 000 para pemesan bisa menikmatinya untuk setiap boks ukuran 20 x 14 CM. Harga tersebut sudah disesuaikan antara harga jual dan ongkos pengiriman. ”Kalau awalnya saya jual 100 ribu rupiah. Sekarang turun, karena adanya saingan yang lebih besar modalnya,” ujar Tedi.

Tedi melanjutkan, dari isi setiap boksnya, ada yang berisi 18 biji ataupun 23 biji, tergantung dari besar kecilnya biji Durian Diw Diw. Sedangkan kekuatan penyimpanan bisa sampai satu bulan lebih dalam keadaan beku atau disimpan dalam freezer. Selain nikmat bila disantap langsung, Durian asal Kota Medan ini lezat juga sebagai bahan campuran ice cream ataupun sop buah.

Selain menjual isi buah Durian Diw Diw, Tedi juga mengembangkan usahanya pada jenis olahan yang masih berbahan baku Durian Medan yaitu Pancake Durian Medan. Hal dia lakukan selain untuk menambah penghasilan, karena rasa dari Pancake Durian Medan sangat cocok dilidah masyarakat Cianjur. ”Lain dari yang lain, Pancake ini lebih nikmat rasanya,” tutur Tedi berpromosi.

Jadi bisnis aneka durian medan yang dilakukan Tedi Rustandi sekarang ini ada tiga jenis yakni Durian Kupas seharga Rp. 90.000, Daging Durian tanpa biji Rp. 90.000 dan Pancake Durian berharga Rp. 85.000, semuanya bermerk Diw Diw,” yang berminat bisa kontak saja No saya 083112871293,” tukasnya.

Tedi mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah untuk membantunya memajukan bisnis yang dia rintis. Dia mengaku butuh modal usaha untuk mempunyai kontrakan berupa kios di tempat yang refresentatif. ”Jadi usahanya nanti bisa diantar dan juga bisa dikunjungi oleh pembeli,” pungkasnya.  Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco