Opini : Tentang Kepedulian Sosial

oleh

Oleh : Moch Samsu Nurfalah

Kepedulian sosial yaitu sebuah sikap keterhubungan dengan kemanusiaan pada umumnya, sebuah empati bagi setiap anggota komunitas manusia. Kepedulian sosial adalah kondisi alamiah spesies manusia dan perangkat yang mengikat masyarakat secara bersama-sama (Adler, 1927). Oleh karena itu, kepedulian sosial adalah minat atau ketertarikan kita untuk membantu orang lain, membantu antarsesama manusia.

ilustrasi

Lingkungan terdekat kita yang berpengaruh besar dalam menentukan tingkat kepedulian sosial kita. Lingkungan yang dimaksud di sini adalah keluarga, teman-teman, dan lingkungan masyarakat tempat kita tumbuh. Karena merekalah kita mendapat nilai-nilai tentang kepedulian sosial. Nilai-nilai yang tertanam itulah yang nanti akan menjadi suara hati kita untuk selalu membantu dan menjaga sesama. Kepedulian sosial yang dimaksud bukanlah untuk mencampuri urusan orang lain, tetapi lebih kepada membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi orang lain, dengan tujuan kebaikan dan perdamaian, yang memiliki unsur keikhlasan atau kerelaan. Tidak semerta-merta hanya untuk kepentingan atau maksud lain, yang hanya menguntungkan salah satu pihak.

Kepedulian sosial dibagi menjadi 3, yaitu kepedulian yang berlangsung saat suka maupun duka. Kepedulian sosial merupakan keterlibatan pihak yang satu kepada pihak yang lain dalam turut merasakan apa yang sedang dirasakan atau dialami oleh orang lain. Kedua, Kepedulian pribadi dan bersama, yaitu kepedulian bersifat pribadi, namun ada kalanya kepedulian itu dilakukan bersama. Cara ini penting apabila bantuan yang dibutuhkan cukup besar atau berlangsung secara berkelanjutan. Selanjutnya ketiga, adalah kepedulian yang sering lebih mendesak. Kepedulian akan kepentingan bersama merupakan hal yang sering mendesak untuk kita lakukan. Caranya dengan melakukan sesuatu atau justru menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu demi kepentingan bersama.

Beberapa Sumber kepedulian sosial, bisa dirasakan atau diketahui melalui sumber dari ‘cinta’. Kepedulian sosial muncul dari kepekaan hati untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar istilah empati, yang dapat diartikan sebagai kesanggupan untuk memahami dan merasakan perasaan-perasaan orang lain seolah-olah itu perasaan diri sendiri. Sehingga kita akan ikut andil dan berbuat sesuai dengan orang lain alami. Kedua, adapun sumber kepedulian tidak berdasarkan karena macam-macam alasan. Kepedulian sosial yang kita kembangkan adalah kepedulian yang timbul dari hati yang terbuka mau berbagi untuk sesamanya tanpa didorong atau disertai alasan-alasan tanpa meminta imbalan apapun.

Ada beberapa hal yang merupakan hambatan kepedulian sosial, diantaranya adalah “Egoisme”. Egoisme merupakan doktrin bahwa semua tindakan seseorang terarah atau harus terarah pada diri sendiri. Tidak ingin tahu, bahwa dirinyalah yang harus diuntungkan, diperhatikan, diprioritaskan, dikagumi, disanjung, dan selalu ingin menang sendiri dan tidak perduli terhadap orang lain. Ada juga sikap Materialistis. Sikap tersebut merupakan sikap perilaku manusia yang sangat mengutamakan materi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan hidupnya. Demi mewujudkan itu mereka umumnya tidak terlalu mementingkan cara untuk mendapatkannya.

Cara pembentukan sikap dan perilaku kepedulian sosial

  • Mengamati dan Meniru perilaku peduli sosial orang-orang yang diidolakan.
  • Melalui proses pemerolehan Informasi Verbal tentang kondisi dan keadaan sosial orang yang lemah sehingga dapat diperoleh pemahaman dan pengetahuan tentang apa yang menimpa dan dirasakan oleh mereka dan bagaimana ia harus bersikap dan berperilaku peduli kepada orang lemah.
  • Melalui penerimaan Penguat/Reinforcement berupa konsekuensi logis yang akan diterima seseorang setelah melakukan kepedulian sosial.

[infobox style=”alert-custom red”]

Moch Samsu Nurfalah, Lulusan FKIP UNSUR Cianjur, aktif di berbagai organisasi sosial. Peminum kopi yang teratur. Kini sedang melakukan riset terkait Humaniora dan Alam di Indonesia. 

[/infobox]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco