Louhan Makin Eksis

oleh

[highlight style=”red”]BANDUNG | Harian Waktu[/highlight] Di kalangan pencinta ikan hias di awal tahun 2000, siapa yang tak kenal ikan louhan? Ya, ikan ini memang pernah melejit menjadi primadona ikan hias di tanah air. Kala itu tak sedikit rumah yang terdapat akuarium untuk memelihara ikan ini. Para pembudidaya ikan jenong ini juga menangguk banyak rezeki dari tren ikan hias saat itu.

Kini hobi memelihara ikan louhan sudah tidak seramai dulu. Meski demikian ikan bernama latin Amphilophus trimaculatus ini tetap jadi nomor satu di hati para pengoleksinya baik untuk sekadar memiliki atau memeliharanya untuk kontes. Para penggemar louhan di Jabodetabek pun masih ada yang rutin menjalin komunikasi antara pencinta louhan satu sama lain untuk bisa menggelar pameran maupun kontes louhan.

Karena itu ikan yang diyakini sebagai tanda pembawa keberuntungan oleh masyarakat Taiwan ini sekarang juga masih menjadi pembawa rezeki untuk para pembenih ikan louhan di tanah air. Satu diantaranya Bayu Prasetyo, penghobi louhan asal Depok, Jawa Barat yang juga ikut mengadu nasib membudidayakan louhan.

Berawal dari mencoba mengikuti kontes-kontes ikan louhan, Bayu mulai mempelajari pasar ikan louhan. Menurut Bayu, beberapa louhan miliknya sudah lama dikoleksi dan menjadi juara di salah satu kontes yang digelar di ibu kota. Dengan alasan itu maka beberapa tahun lalu timbul semangat untuk menambah koleksinya lagi dan ingin bisa membudidayakannya sendiri.

Bagi Bayu, selain mendapat ketenangan saat memandang ikan louhan, ada banyak keistimewaan dari ikan ini, ada keunikan tersendiri pada bagian jenong dan sisik seperti mutiara atau keindahan warnanya. Bahkan jika beruntung, adamarking pada sisik louhan berwujud gambar ataupun tulisan.

“Hobi louhan itu menurut saya hobi yang gak mainstream. Louhan itu bisa jadi sebagai penghilang stres, mungkin dengan cuma mandangin louhan di akuarium saja, penat bisa hilang,” tambah Bayu kepada Trobos Aqua saat ditemui di kediamannya.

Kelas Louhan

Meskipun saat ini tren ikan louhan telah sedikit mereda, namun perhelatan kontes ikan yang memiliki banyak jenisnya ini masih rutin digelar di berbagai kota. Fakta tersebut membuktikan bahwa ikan louhan masih eksis keberadaanya sampai saat ini.

Dijelaskan oleh Bayu, biasanya ada berbagai jenis dan kelas yang dikonteskan. Mulai dari kelas berbagai ukuran yaitu size A diperuntukan bagi louhan yang berukuran lebih besar dari 23 cm, size B untuk louhan yang berukuran antar 15 – 23 cm dan size C yang berukuran 1 – 15 cm.

Ayu juga menambahkan selain dari kelas berbagai ukuran, terdapat juga berbagai jenis louhan yang dikonteskan. Jenis cencu atau umumnya popular dengan nama ikan louhan mutiara adalah ikan louhan yang paling sering dikonteskan.

Saat ini, louhan cencu terbagi dalam dua jenis, yaitu jenis klasik serta modern. Perbedaan dari kedua jenis ini terletak pada warna, ukuran dan mutiaranya. Warna dari jenis klasik cenderung lebih jelas jika dibandingkan jenis cencu modern.

Jenis klasik juga memiliki ukuran badan yang lebih besar dibandingkan dengan modern. Hanya saja untuk cencu modern mutiaranya tampak lebih banyak dibandingkan dengan yang klasik. “Tetapi semua itu kembali lagi ke genetik ikan louhannya masing-masing,” ungkap Bayu.

Bayu menjelaskan, selain cencu, louhan jenis kamfa atau yang biasa dikenal dengan flower horn adalah jenis louhan yang juga tak kalah sering dikonteskan. Louhan jenis ini mudah dikenali karena siripnya lebih lebar dan lebih kaku dari jenis louhan lain.

Mencetak Kualitas Lomba

Bayu mengakui keahliannya berbudidaya ikan louhan ini ia dapatkan secara otodidak. Ia juga menjelaskan bahwa untuk menghasilkan louhan dengan kualitas lomba banyak hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pembenih louhan.

Tambahnya, hal utama yang perlu diperhatikan untuk louhan kontes adalah bentuk tubuh yang proposional dari kepala sampai ekor. Bagi Bayu, untuk membentuk louhan dengan kualitas yang baik selain karena faktor genetiknya adalah dengan memperhatikan pakannya. Kusnadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco