Murid Kerjakan Empat Mata Ujian dalam Sehari

oleh

[highlight style=”red”]CILAKU | Harian Waktu[/highlight] Hari pertama pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) pada jenjang sekolah dasar, murid mengerjakan 3 sampai 4 mata ujian dalam satu hari. Hal ini berkaitan dengan edaran dinas pendidikan mengenai perubahan jadwal pelaksanaan ujian yang harus selesai sebelum bulan ramadan.

Rida Herliani, Guru Kelas SDN Pasir Nangka Cianjur mengungkapkan pemadatan jadwal ujian ini berpengaruh pada waktu dan jumlah mata pelajaran yang diujikan setiap harinya.

“UKK hari pertama lancar, Hari ini mereka mengerjakan 3 pelajaran mulai dari Pendidikan Agama, dilanjut dengan PPKN, selanjutnya Bahasa Indonesia. Kebetulan kan jadwalnya dipadatkan harus beres sebelum bulan puasa, yang biasanya siswa mengerjakan satu sampai dua pelajaran perhari, sekarang terpaksa mengerjakan tiga sampai empat pelajaran,” ungkapnya saat ditemui pada hari Senin (22/05) kemarin.

Ketika ditanya mengenai waktu pelaksanaan, Rida menambahkan ada beberapa perbedaan waktu pengerjaan setiap kelasnya meskipun sama-sama mengerjakan 3 mata pelajaran sekaligus. Jika siswa kelas 5 dan kelas 4 selesai pada pukul 12.30 WIB, maka siswa kelas 1 selesai pukul 10.30 WIB.

“Untuk kelas 1 sampai kelas 5 semuanya sama mengerjakan 3 pelajaran, hanya saja untuk kelas 1 waktunya agak dipercepat, soalnya kasian kalau terlalu siang, belum bisa maksimal gitu, bisa-bisa mereka gelisah,” tambahnya.

Pelaksanaan UKK ini memang terbilang mendadak, mengingat jadwal pelaksanaan ujian akan dilaksanakan setelah memasuki bulan ramadan.

“Kalau di jadwal yang sebelumnya UKK itu dilaksanakan nanti setelah masuk bulan puasa, namun ada perubahan dari dinas karena untuk bulan puasa akan ada kegiatan keagamaan di mesjid-mesjid terdekat untuk siswa, kita sebagai guru ikut membimbing anak-anak dan absensipun tetap berjalan. Diharapkan orang tua juga membantu memantau anaknya saat kegiatan nanti,” pungkasnya. Anisa Nur Afrianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco