Pembagian Zakat Akan Dilakukan di Desa

oleh

KARANGTENGAH – Untuk tahun 2017, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melakukan perubahan pada pembagian zakat di Kabupaten Cianjur. Semula pembagian terfokus di kantor Baznas di lingkungan kompleks gedung Departemen Agama Cianjur Jalan Raya Bandung, sekarang dilaksanakan langsung di desa-desa dan kantor Unit Pelaksana Zakat di setiap kecamatan.

Sekretaris Baznas Kabupaten Cianjur, H. Ahmad Fatoni Rozi, memaparkan bahwa, pembagian zakat di desa-desa terfokus dengan mengikuti acara Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) yang digagas dan langsung dilaksanakan oleh Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar.

Menurutnya, hal ini dinilai epektif karena desa dan Unit Pelayanan Zakat (UPZ) yang disinggahi acara CNL akan mengumumkan sendiri soal pembagian zakatnya langsung kepada masyarakat calon penerima. Siapa saja masyarakat desa yang dapat atau berhak menerima zakat, biar desa dan UPZ setempat yang menentukan. Hal itu dilakukan karena pihak desa dinilai yang paling tahu soal kondisi masyarakatnya.

“Jadi, saat CNL nanti itu, Pak Bupati melaksanakan santunan pribadinya, kita dari Baznas juga memberikan zakatnya. Dobel gitu lah,” ujarnya

Selain itu juga, lanjutnya, pembagian zakat juga dilaksanakan saat kegiatan Terawih Keliling ( Tarling ). Tujuannya sama, yaitu untuk mengefektifkan pembagian zakat kepada masyarakat. Dan yang menentukan siapa yang berhak menerimanya sama juga, yaitu pihak desa dan UPZ dimana Tarling tersebut dilaksanakan.

“Teknisnya saja yang berubah, tapi tidak pada siapa yang wajib menerimanya,” tambah sekretaris Baznas yang biasa disapa Ang Entun ini diruang kerjanya.

Yang wajib menerima zakat itu, masih menurut Ang Entun, adalah anak yatim piatu yang tidak mendapatkan BSM disekolahnya, orang tua jompo, para alim ulama, mualaf, ibnu sabil, orang fakir dan miskin.

“Selain itu Baznas Cianjur juga akan memberikan bantuan untuk Pondok Pesantren dan jenis usaha ringan yang modalnya dikisaran Rp. 500.000,” pungkasnya. Ruslan Ependi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco