Dishub Luncurkan Aplikasi “Hayu Ngangkot”

oleh

Solusi Mengurangi Angka Kemacetan dan Konflik Sosial di Kota Bandung

[highlight style=”red”]BANDUNG | Harian Waktu[/highlight] Dinas Perhubungan (Dishub) launching aplikasi “Hayu Ngangkot” dalam basis Android sebagai solusi dalam mengurangi angka kemacetan dan konflik sosial di Kota Bandung. Acara tersebut berlangsung di Taman Film Bandung, Senin (22/5).

Didi Ruswandi selaku Kadishub Kota Bandung mengatakan, aplikasi tersebut merupakan gagasan kolaboratif yang menggandeng beberapa pihak dalam pengerjaannya.

“Pendekatan teknologi sehingga kemudian sifatnya kolaborasi melibatkan koperasi juga Organda, jadi ini di maksudkan agar tidak terjadi konflik sosial dan juga meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat itu point utamanya,” katanya.

Pada tahap sosialisasi aplikasi ini, Didi menuturkan, bahwa pihaknya akan melakukan suatu pendampingan terhadap pengguna yang masih merasa kebingungan dalam penggunaannya.

“Akan ada pendampingan terhadap supir angkot karena masih banyak yang kesulitan dalam membuat e-mail dan cara pemakain aplikasi. Siapa saja bisa bergabung, soal menguntungkan atau tidaknya mereka yang menentukan. Sekarang yang baru daftar itu sekitar 30 kendaraan, jadi kalau pesan hari ini masih kurang kendaraannya,” tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa aplikasi Hayu Ngangkot dibuat mengikuti kebiasaan sehari-hari supir angkot.

“Aplikasi punya 2 pilihan yaitu Charter untuk angkut orang dan logistik untuk angkut barang. Komitmennya itu pesannya harus dalam trayek jadi hanya 1 kilo meter dari trayek itu masih bisa di baca seperti tadi dan berlaku untuk semua trayek,” jelasnya.

Karena masih dalam tahap uji coba, untuk pertimbangan tarif masih melakukan proses negosiasi dengan para supir angkot untuk mendapatkan suatu keuntungan sepadan bagi supir dan pengorder.

Relatif sama, Cuman yang lain berada di luar trayek kalau ini di dalam trayek dengan ciri angkot berlabel Hayu Ngangkot. Ini masih dalam proses uji coba, untuk tarif nanti akan ada penyesuaian dalam rangka mencari keseimbangan,” pungkasnya. Abud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco