Pemkot Sukabumi Alokasikan Dana Pilwalkot Rp. 10 milliar di APBD Perubahan dan Rp 10 Milliar di APBD Murni

oleh

[highlight style=”red”]SUKABUMI | Harian Waktu[/highlight] Pemerintah Kota Sukabumi, sudah mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan pelaksanaan pemilihan wali kota dan wakil wali kota 2018. Pencairan anggarannya nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan yang diajukan Komisi Pemilihan Umum setempat, sebagai penyelenggara pemilu.

“Insya Allah, sudah dalam pembahasan tim anggaran pemerintah daerah,”ujar Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, seusai menghadiri acara penyuluhan pendidikan politik di Gedung Pusat Kajian Islam, Jalan Veteran, belum lama ini.

Sebelumnya Pemkot Sukabumi dan DPRD setempat sudah membahas ajuan dana cadangan pilwalkot sebesar Rp20 miliar, termasuk untuk pengamanan dan panwaslu. Besarannya dialokasikan pada dua tahun anggaran, yakni APBD perubahan 2016 sebesar Rp10 miliar dan APBD murni 2017 sebesar Rp10 miliar. Ajuan dana cadangan pilkada dituangkan pada Perda Nomor 3/2016 tentang Dana Cadangan Pilkada. Namun, sesuai arahan dari Kementerian Dalam Negeri dan UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, ajuan tersebut dinilai bertentangan. Hingga akhirnya pengajuan sebesar Rp10 miliar pada APBD perubahan 2016 dialihkan ke biaya tak terduga (BTT). Besaran dana yang disiapkan Pemkot Sukabumi untuk penyelenggaraan Pilwalkot 2018 nanti di kisaran Rp10 miliar-Rp20 miliar. Dana tersebut sudah dicadangkan sehingga jika sudah mulai tahapan bisa dicairkan sesuai kegiatan.

“Untuk pencairannya nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan KPU. Kan anggaran itu ada yang dialokasikan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kota/kabupaten. Nanti jika sudah memasuki tahapan, kita lihat dulu mana anggaran yang alokasinya dari pemerintah kota,” ujarnya.

Fahmi menjamin anggaran pilwalkot tidak ada masalah. Untuk teknis pencairannya sendiri nanti disesuaikan dengan pengajuan dari KPU.  “Insya Allah nggak ada masalah. Pemerintah daerah sudah siap. Kita tinggal menunggu pengajuan dari KPU,” ungkapnya.

Semakin mendekatinya tahapan pelaksanaan Pilwakot Sukabumi 2018, Fahmi memandang perlu adanya sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat. Utamanya bagi kalangan pemilih pemula. “Dengan adanya pendidikan politik, kami berharap mereka (masyarakat atau pemilih pemula), bisa mengetahui cara berdemokrasi yang santun dan beretika,” imbuh politikus Partai Keadilan Sejahtera ini.

Pentingnya pemahaman cara berdemokrasi yang santun dan beretika itu, sebut Fahmi, karena terkadang bisa melahirkan hal-hal negatif. Karena itu, ketika para pemilih memahami makna dan cara berdemokrasi yang baik dan benar, maka berbagai potensi yang mungkin muncul bisa diminimalkan. “Itu yang ingin kita minimalkan. Insya Allah jika semuanya paham, maka tidak akan ada permasalahan,” tandasnya.

Sebelumnya, Divisi Perencanaan Program dan Data KPU Kota Sukabumi, Harlan Awaludin Kahar, mengatakan mekanisme pencairan anggaran hibah dari pemerintah daerah untuk pelaksanaan penyelenggaran pilkada tahun ini berubah. Setelah naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) ditandatangani, terlebih dulu anggarannya akan masuk ke Kementerian Keuangan untuk diregistrasi. Setelah selesai registrasi, anggarannya nanti akan masuk ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). “Kalau sebelumnya kan dari kas daerah itu masuk ke rekening KPU, sekarang berbeda. Anggaran hibah dari pemda harus diregistrasi dulu di Kementerian Keuangan lalu diserahkan ke KPPN. Nanti kita yang mengajukan anggaran kebutuhan ke KPPN. Jadi, tidak ada yang namanya politisasi anggaran itu. Semua pengajuan itu betul-betul riil. Dengan begitu, maka diharapkan nantinya pelaksanaan pilkada betul-betul berkualitas,” cetusnya.

Hasil hitung-hitungan sementara, kata dia, kebutuhan anggaran Pilwalkot 2018 di tingkat KPU di kisaran Rp16,5 miliar. Namun KPU masih menghitung kembali kebutuhan itu agar lebih efektif dan efisein. “Kita coba hitung-hitung lagi untuk mengefektifkan dan mengefisienkan anggaran kebutuhan,” pungkas. ●Harlan Rezki Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco