Ratusan Pelajar Cianjur Ikuti Sanlat Ramadhan

oleh

[highlight style=”red”]CIANJUR | Harian Waktu[/highlight] Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Cianjur H. Ahmad Yani, S.IP. dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi dan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya pesantren kilat ramadan ini, karena kegiatan Sanlat Ramadan 1436H sangat bermanfaat bagi peserta didik terlebih bagi generasi muda sebagai ujung tombak pembangunan bangsa.

Diharapkannya, kegiatan Sanlat Ramadan Masjid Agung ini dapat meningkatkan pengetahuan para peserta tentang agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara Ketua Umum DPD BKPRMI, Kabupaten Cianjur, Muhammad Soleh, S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini digagas sebagai bentuk realisasi program kegiatan tahunan DPD BKPRMI Kabupaten Cianjur. “

Program Studi Islam BKPRMI yang dikemas dengan Sanlat ini merupakan salah satu kurikulum pengkaderan di BKPRMI, para peserta Sanlat Masjid Agung ini akan kita rekrut untuk menjadi panitia Sanlat tahun depan bahkan bisa jadi mereka direkomendasikan untuk menjadi pengurus BKPRMI, ia tinggal,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum DPD BKPRMI Cianjur berharap pihak terkait seperti DKM MA, DMI, MUI, dan Pemerintah dapat menindaklanjuti generasi kader Remaja Mesjid yang juga peserta sanlat ini untuk diadakan pembinaan kelanjutan melalui kajian rutin yang berjenjang, sehingga generasi kita akan semakin banyak menjadi generasi masjid yan dapat memotivasi generasi lainnya untuk memakmurkan masjid.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Daerah LPPDSDM BKPRMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Suhendar, S.PdI, selaku pelaksana kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan Pesantren Kilat harus dilaksanakan.

Hal itu mengingat pentingnya pembinaan secara intensif terhadap para remaja karena mengingat pergaulan anak remaja masa kini yang sudah cukup memprihatinkan.

Di samping itu sekaligus memberikan solusi terbaik dalam rangka mengisi kegiatan ramadhan dengan hal yang positif serta bermanfaat bagi keidupan pribadi anak dengan tujuan meningkatkan iman dan taqwa mereka kepada Allah SWT. “

Peserta Sanlat Ramadan Masjid Agung Cianjur ini berjumlah 500 orang dari utusan pelajar SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan remaja masjid se Kabupaten Cianjur dan besok dimungkinkan peserta akan bertambah dua kali lipat,” tuturnya.

Ahmad Suhendar, S.PdI,. menambahkan kegiatan Sanlat ini di samping menggunakan kurikulum khas BKPRMI juga menggali materi dasar diantaranya sudah benar kah sholat anda?. “

Praktik shalat fardhu, masbuk, jama’ qasar dan jama’ qasar, bahaya penyalahgunaan narkoba bagi remaja dan pencegahannya, belajar bercerita dan menyanyi, tata cara thaharah (istinja, whudu, tayamum dan mandi junub), tentang puasa (syarat, rukun, yang membatalkan dan manfaat puasa), bimbingan tajwid praktis, akhlak dan pergaulan menurut pandangan Islam, serta praktik penyelenggaraan jenazah.

Sanlat Ramadan tahun ini mengangkat tema “Inspirasi Akhlaq Menuju Kehidupan Yang Hakiki” dengan tujuan untuk menjalin Ukhuwah Islamiyah dan mempererat tali sailaturrahmi peserta didik dan remaja masjid se-Kab. Cianjur.

Selain itu, katanya, peningkatan pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT menjalankan segala perintah dan menjauhi semua bentuk larangan-nya. Rencananya kegiatan akan ditutup dengan berbagai kegiatan lomba antara lain; lomba dakwah, tahfidz Quran dan Kaligrafi yang pemenangnya akan disampaikan berbarengan dengan acara penutupan Sanlat. DJ/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco