DUA JAM LEBIH DEKAT DENGAN KOMUNITAS KULINER BANDUNG

oleh

Bandung – Usai makan siang,  Kami menyambangi Toko You untuk berjumpa dengan admin Komunitas Kuliner Bandung, Kang Ibrahim. Di tempat yang penuh dengan aksen vintage itu kami berbincang banyak hal mulai dari bagaimana KKB berdiri, bisnis UKM hingga tempat makan yang enak di Bandung. Mau tahu keseruan perbincangan dengan Kang Ibrahim, yuk kita simak di bawah ini.

KKB ada sejak tahun 2008 dari kumpulan beberapa mahasiswa yang gemar makan. Nah, kebanyakan itu mereka berasal dari mahasiswa tingkat akhir ITB.

Kalau saya sendiri adalah generasi kedua. Saya tertarik dengan komunitas ini ketika melihat Koran Pikiran Rakyat. Saat itu ada tulisan satu halaman penuh berisi tentang cerita “Gerombolan Tukang Makan”. Sedangkan saat itu saya masih di Indramayu.

Nah, Gerombolan Tukang Makan itulah yang menjelma menjadi Komunitas Kuliner Bandung saat ini.

Kegiatan KKB apa saja Kang?

Kita ada acara tahunan namanya Bandung Heritage Culinary. Kegiatannya itu kita hunting makanan-makanan tempo dulu yang masih tetap bertahan hingga saat ini. Ada juga grebek kuliner dan arisan. Untuk yang terbaru dan sedang dipersiapkan yaitu cooking class.

Saat ini ada berapa banyak anggota KKB?

Cukup banyak. Dari awal berdiri hingga saat ini ada 9.600 followers di grup Facebook KKB.

Isi dari grup facebook KKB, apa aja sih Kang?

Lebih ke informasi kuliner. Kebanyakan grup ini menjadi tempat singgahnya para pelancong dari Jakarta untuk bertanya tempat makan mana yang enak di Bandung. Atau juga ada yang mempromosikan dagangannya.

Ada ketentuan yang harus diperhatikan?

Untuk yang posting dagangan hanya bolh 7 x 24 jam. Hanya boleh mencatumkan satun foto tidak boleh dalam bentuk album, jika ingin menambah foto harus di dalam kotak komen.

Apa harapan Kang Ibrahim dengan kehadiran KKB saat ini?

Saya berharap KKB bisa memajukan bisnis kuliner tradisional dengan terus melakukan pelestarian budaya kuliner warisan leluhur.

Komunitas Kuliner Bandung adalah sebuah komunitas yang digawangi oleh mereka yang gemar berwisata kuliner. Sejak hadir di Facebook tahun 2008, anggota KKB kini telah mencapai 9.600.  Kusnadi/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco