Jembatan Penghubung Kota dan Kabupaten Sukabumi Rusak

oleh

Warga Berharap Segera Diperbaiki

SUKABUMI – Jembatan penghubung di perbatasan Kota dan Kabupaten Sukabumi rusak. Bahkan, jembatan yang menghubungkan Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi dan Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi papan jembatan di atas aliran Sungai Cimandiri itu rapuh.

Berdasarkan pantauan, jembatan yang menjadi satu-satunya akses tercepat untuk kendaraan roda empat melintas ini sebagian besar papanya rapuh. Selain itu, papan jembatan itu tidak dipatenkan. Sehingga, ketika ada kendaraan lewat, papan tersebut sering bergeser.

Warga Desa Wangunreja, Sunarya (32), mengatakan jembatan tersebut sudah rusak sejak beberapa tahun terakhir. Namun hingga saat ini belum ada perbaikan dari pemerintah, baik Kota maupun Kabupaten Sukabumi. “Kalau tidak salah jembatan ini dibangun 2006 lalu. Namun katanya, jembatan itu hanya semi permanen. Makanya alasnya dari papan. Namun sampai saat ini, belum dibuat permanen juga,” ujarnya, kemarin

Padahal, kata Sunarya, jembatan tersebut merupakan akses utama bagi warga Wangunreja untuk pergi ke Kota Sukabumi. Bahkan, jembatan paling vital untuk perekonomian warga.”Ini satu-satunya jembatan besar yang bisa dilewati mobil dan paling cepat ke Kota Sukabumi. Makanya keberadaan jembatan ini sangat diperlukan,” ucapnya.

Oleh karena itu, meskipun banyak papan yang mulai keropos dan berlubang, tidak membuat warga berhenti menggunakan jembatan tersebut. Meskipun terkadang, pengguna kendaraan sering khawatir dengan kondisi jembatan saat ini. “Ya khawatir juga sih. Apalagi saya juga hampir setiap hari saya bulak-balik lewat jembatan ini,” ungkapnya.

Sejauh ini, kata Sunarya, warga sekitar secara swadaya menyiapkan tempat sumbangan untuk perawatan jembatan itu. Sebab, hingga saat ini belum ada perhatian lebih lanjut dari pemerintah. “Jadi kondisi saat ini hasil perbaikan oleh masyarakat secara swadaya. Kalau tidak begitu, mungkin sudah rusak parah ini jembatan,” terangnya.

Meskipun begitu, Sunarya meminta agar jembatan tersebut bisa dibuat permanent. Sehingga masyarakat bisa nyaman dan aman ketika melintasi jembatan tersebut. “Kami orang yang setiap hari melintasi jembatan sih pastinya ingin permanen itu jembatan. Jadi, lebih aman ketika melintas,” paparnya.

Warga lainya, Yosep Taryawan (27), jembatan tersebut memang sudah seharusnya diperhatikan pemerintah. Sebab, kalau kerusakan jembatan itu semakin parah akan menghambat akses perekonomian warga Wangunreja. “Jembatan sih banyak, cuman yang paling besar dan cepat ke Kota Sukabumi ya yang ini. Kalau jembatan lain itu aksesnya muter,”pungkasnya. Mochamad Pajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco