Jalur Mudik Cianjur Layak Dilalui

oleh

Polres Siapkan Personel Dengan Kekuatan Penuh

CIANJUR – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur, memastikan jalur utama mudik dan sejumlah jalur alternatif yang membentang di wilayah tersebut, layak dilalui pemudik Lebaran 2017. Bahkan, hampir seluruh ruas jalur mudik di wilayah hukum Polres Cianjur, baik jalur utama maupun alternatif sudah dapat digunakan pemudik seperti ruas Jalan Raya Cianjur-Puncak, Jalan Raya Bandung dan Jalan Raya Sukabumi.

“Termasuk ruas jalur alternatif yang dapat dilalui seperti jalur Cipanas-Sukaresmi-Cikalongkulon, sudah dapat digunakan, kondisinya sudah layak untuk dilewati kendaraan pemudik. Khusus jalur alternatif menjadi fokus kami karena sangat penting untuk mengurai kemacetan di sejumlah jalur utama,” kataKepala Satlantas Polres Cianjur, AKP R Erik Bangun Prakarasa.

Personel yang disiapkan untuk pengamanan mudik, tambah dia, dengan kekuatan penuh personel Satlantas yang dibantu dari satuan samping seperti TNI, Dishub dan Satpol PP. “Kami akan menggelar apel pasukan menjelang pelaksanaan arus mudik ini. Untuk personel Satlantas tentunya dalam kekuatan penuh,” ujarnya.

Bahkan untuk antisipasi terjadinya antrean panjang seperti tahun-tahun sebelumnya, ungkap dia, telah disiapkan pasukan pengurai yang bekerja secara dinamis, untuk memutus rantai antrean yang terjadi di setiap ruas jalan.

“Pada H-7 seluruh kendaraan besar dilarang melintas di jalur utama mudik, kecuali angkutan yang membawa kebutuhan dan bahan bakar minyak atau BBM. Kami mengimbau pemudik untuk selalu mematuhi dan mentaati semua aturan lalu lintas untuk menekan angka kecelakaan yang disebabkan kesalahan manusia,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya belum merekomendasikan jalur alternatif Puncak 2 untuk digunakan pemudik karena jalur tersebut masih minim fasilitas pendukung dan lebih berisiko saat dilintasi serta tidak adanya marka jalan dan rambu lalu lintas. “Ditambah ada beberapa titik jalan yang mengalami ambles,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan kepolisian menjelang pelaksanaan arus mudik yang tinggal beberapa pekan, termasuk untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan selama arus mudik.

Termasuk mempersiapkan beberapa jalur alternatif seperti jalur Mariwati-Cipanas-Cikalongkulon, sebagai jalur alternatif ketika antrean panjang dan macet total terjadi di jalur utama Puncak.

“Saat ini, kami menambah rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalur mudik guna memberi kenyamanan dan kemudahan bagi pemudik agar sampai ke tempat tujuan tanpa salah arah karena minimnya rambu lalu lintas,” katanya. Syamsuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco