Selama Bulan Suci Ramadhan Ponpes Diserbu Mufassirin

oleh

CIANJUR – Dalam rangka menyemarakan momen bulan suci Ramadhan, banyak warga masyarakat dari berbagai usia mengisinya dengan kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas ibadah.

Yang paling digemari adalah menjadi Mufassirin (santri dadakan putra) dan Mufassirat (santri dadakan putri) atau menjadi santri disebuah Pondok Pesantren (Ponpes) hanya selama bulan Ramadhan saja.

Dan Ponpes Hibbatusyadiyah yang beralamat di Kampung Tegal Deukeut, Desa Nagrak pimpinan KH. Cepy Hibbatullah mendapatkan tambahan santri Mufassirin/Mufassirat dari berbagai daerah di Jawa barat seperti dari Kabupaten Garut, Bogor dan Tasikmalaya.

“Tentunya juga ada yang dari Cianjur Selatan,” ujar Kiayi Muda berusia 37 ini menerangkan.

Ajengan Hibbat, begitu sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa ilmu 12 pan sebagai pelajaran utama di ponpes yang dipimpinnya tetap berjalan. Hanya saja dibulan suci Ramadha ini ada tambahan pelajaran Qurotul Uyun.

“Qurotul Uyun ini adalah pelajaran tetang panduan para muda mudi dalam mencari pasangan hidup,” tuturnya sambil mesem.

Yang 12 pan itu lanjutnya adalah pelajaran Sorfun, Bayanun, Maani, Nahwu, Kofiatun, Syi’run, Arudlun, Isytiqoqun, Khottun, Insyaun, Munadhoroh dan Lughottun. Ini sebagai ilmu utama dari segi fiqih dan ushul fiqih.

“Yang 12 Pan itu saya mengajar langsung pada para santri. Kalau Qurotul Uyun dilaksanakan oleh dewan guru disini,” paparnya.

Saya sendiri, tambah Ajengan Hibbat, lebih memfokuskan diri peningkatan ibadah selama bulan suci ini. Hal ini karena memang shaum itu adalah urusan ibadah pribadi seseorang dengan Yang Maha Adi Kodrati, yaitu Allah Subhanahu Wata’ala. Dan saya juga menganjurkan pada siapa saja, baik itu adik-adik remaja ataupun yang sudah dewasa untuk memperbanyak amalan ibadah pada bulan suci Ramadhan ini. Salah satunya ya belajar dan mengkaji ilmu–ilmu agama sesuai dengan tuntunan Al – Qur’an dan Hadist dari kitab–kitab para ulama Shalafus Shalih.

“Insya Allah ilmu seperti ini akan berkah,” pungkasnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco