DTA Ashabulyamin Madrasah Tertua di Cianjur

oleh

CIANJUR – Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA)  Ashabulyamin yang terletak di Jl. KH Saleh No 57A Kp. Pabuaran Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur menjadi salah satu Madrasah tertua di Cianjur, DTA  ini berdiri pada tahun 1400  Hijriah atau 1979  Masehi oleh Bpk  Isep Safullah ME, S.Pd.I

Berawal dari kegiatan Magrib mengaji di rumah beliau. Jumlah santri yang semakin hari semakin bertambah, membuat  beliau mendirikan sebuah bangunan sebagai tempat santrinya belajar agama. Dan madrasah ini berkembang sampai sekarang.

 “Sampai sekarang sudah punya anak siswa 201 anak, dari delapan lokal, jadi perkembangannya itu dari awal oleh bapak, dibantu oleh saudara-saudara, dan sampai sekarang sudah ada 6 lembaga di yayasan ini dari mulai TK, RA, TPQ, DTA, Pesantren, SMP dan SMK Ashabulyamin,” ujar Isep yang saat ini menjabat sebagai Kepala DTA Ashabulyamin.

DTA  Ashabulyamin kini telah meluluskan 25 angkatan. Santri yang belajar di sini berasal dari seluruh wilayah Cianjur, seperti Kecamatan  Karangtengah , Cilaku , Cianjur dan yang lainnya.

“Ketika bapak tanya alasan mereka belajar disini, ternyata mengikuti orang tuanya yang juga pernah bersekolah disekolah ini,” ujar Isep.

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama 6 hari. Dimulai pada pukul 15.30 sampai dengan 17.10 Wib. Siswa diberikan pendidikan agama dan juga pendidikan akhlaq.

“Setiap sore siswa diberikan bimbingan hafalan surat-surat pendek dan doa sehari-hari, kemudian sholat berjamaah dan di bulan Ramadhan ini, ada program kegiatan sanlat pada H-3 sebelum libur di masjid jami Ashabulyamin yang berada di dekat sekolah,” ujar Isep.

Prestasi yang telah capai oleh DTA Ashabulyamin diantaranya juara lomba rebana tingkat kecamatan ,lomba futsal dan  juga  silat. Serta aktif mengikuti kegiatan Porsadin setiap tahunnya.

“kualitas pengajar di madrasah ini sudah tidak diragukan lagi karena dari 18 guru yang mengajar semuanya sarjana, jadi kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan.” Pungkas Isep. (HW1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco