Daging Ayam Merangkak Naik, Pedagang Malah Bingung

oleh

CIANJUR – Harga daging ayam potong dan sejumlah komoditas sayuran di Pasar Warungkondang mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan harga ini diduga akibat momen menjelang datangnya Ramadan.

Sejumlah pedagang pun mengaku bingung dengan kenaikan harga yang terjadi pekan ini. Bagi mereka, kenaikan harga tidak membuat mereka mendapatkan untung melainkan semakin sepi pembeli. Namun di lain sisi, pedagang yang tak mengikuti sumber harga pemasok akan merasa rugi jika tak menaikan harga jual.

Menurut salah satu pedagang daging ayam potong di Pasar Warungkondang, Rosalinda (30), kenaikan harga daging ayam potong sudah terjadi sejak menjelang bulan Ramadhan sebesar Rp1.000 per kilo /kg atau naik menjadi Rp35 ribu/kg.

“Pasokannya untuk sekarang ini lancar, bahkan berapapun kebutuhan pedagang dipenuhi oleh pemotong. Berbeda dengan pada saat menjelang libur panjang pada awal bulan kemarin pasokan minim hingga pedagang kesulitan barang. Yang biasanya dikirim langsung ke kiospun harus diambil ke tempat pemotongan,” ungkapnya.

Kenaikan harga daging ini menurut Rosa, biasanya terjadi sehari atau paling cepat dua hari menjelang lebaran. Kali ini bulan lebaran masih jauh, tetapi harga daging dari tingkat pemotong sudah mulai naik.

Pedagang terpaksa menyesuaikan harga dengan pemotong yang sudah menaikan harga sebesar Rp1.000/kg. Kenaikan harga diduga akan terus terjadi sampai lebaran. “Tahun lalu saat lebaran harga daging ayam potong mencapai Rp50 ribu per kilo. Tahun ini pun kami perkirakan akan mengalami hal serupa, bahkan bila pasokan kurang, kemungkinan harga akan lebih tinggi lagi,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Cianjur, Himam Haris menjelaskan, pihaknya akan turut memantau perkembangan harga. Pemeriksaan pergerakan harga sudah dilakukan pihaknya sejak sebelum lebaran dan akan terus dilakukan hingga Idul Fitri.

“Pantauan langsung rutin kami lakukan di lapangan khususnya sejumlah pasar tradisional yang ada di Cianjur,” tuturnya. DJ/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco