Satpol Jabar Gelar Rakornis Pembinaan Pengawasan Penegakkan Hukum

oleh

Bandung – Satpol PP Jabar, dalam rangka peningkatan operasional pembinaan pengawasan penegakkan hukum terhadap pelanggaran Perda telah menggelar rakornis bersama Satpol PP Kabupaten/Kota.

Hal ini, diungkapkan Kepala Satpol PP Jabar, Dr. Enjang Naffandi, dalam keterangannya kepada Harian Waktu, baru-baru ini.

Enjang, menuturkan diselenggarakannya rakornis ini dimaksukan untuk “mewujudkan komitmen kebijakan, strategi dan langkah operasional dalam menangani permasalahan pelanggaran Perda di Jabar”.

Melalui rakornis ini, juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara instansi terkait dan Satpol PP Kabupaten/Kota di Jabar serta meningkatkan kualitas penegakkan Perda secara terpadu.

Menurut Enjang, peran Satpol PP dalam penegakkan hukum sejalan dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kewenanhan yang dimiliki berkaitan dengan “kewenangan dan penataan kelembagaan”.

Penataan dan kelembagaan meliputi : pelaksanaan urusan wajin yang berkenaan dengan pelayanan dasar, yaitu “yang berkenaan dengan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat”

Atas tugas tersebut, menjadi Satpol PP harus menjadi kebanggaan karena tugas tersebut sifatnya “berat dan komplek”.

Dalam rangka penegakkan Perda , langkah yang dilaksanakan harus tidak berdampak pada ekses negatif.

Melalui Rakornis ini, sambung Enjang program dan kegiatan harus jelas dan nyata dengan metode yang digunakan pre-emtif dan Pre-pentif serta setiap aksi harus sinergi dengan OPD lain.

Dalam rakornis tersebut,  beberapa daerah sudah menyampaikan aksi dan rencana aksi penegakkan Perda.

Untuk di Purwakarta Satpol PP setempat sudahh melakukan penertiban terhadap Keramba Jaring Apung di Jatiluhur.

Sementara di Kota Bandung, ujar Enjang sudah menyampaikan rencana Penegakkan Perda soal Lingkungan di Kawasan Bandung Utara. (Nurcahyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco