Pemudik Harus Fit dan Waspada di Jalur Rawan Tol Purbaleunyi dan Cipali

oleh

Bandung, waktunews.com – Polres Purwakarta mewanti-wanti pemudik untuk waspada saat melintasi sejumlah titik di jalur mudik di Jabar, khususnya di wilayah Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Hanny Hidayat, sudah memetakan sejumlah titik rawan.

Di antaranya Tol Purbaleunyi, Cipali hingga jalur arteri Purwakarta-Bandung.

“Tol Purbaleunyi dari KM 100 hingga KM 66 arah Jakarta lalu KM 70 hingga KM 100 arah Bandung termasuk daerah rawan. Jalannya berliku, ada turunan dan tanjakan,” kata Hanny Hidayat di Purwakarta, Minggu (11/6/2017).

Pemudik, ucapnya, harus benar-benar fit dan waspada di jalur itu.

Menurutnya, di wilayah itu sering terjadi kecelakaan, misalnya tabrak belakang. Bahkan, menjelang puasa, dua kasus tabrak belakang terjadi di jalur penghubung Jakarta menuju Bandung itu.

“Yang sering terjadi tabrak belakang, lalu rem blong. Makanya, selain waspada, kondisi kendaraan juga harus diperhatikan,” katanya.

Lalu di Tol Cipali, kata dia, wilayah Purwakarta dari KM 73 hingga KM 83 pun serupa. Meski begitu, pihaknya tetap mengantisipasi kecelakaan dengan menempatkan sejumlah petugas.

“Baik Tol Cipali maupun Tol Purbaleunyi, dua-duanya terdapat titik rawan kecelakaan,” ujar dia.

Jalur arteri Purwakarta-Bandung, setiap arus mudik dan arus balik, digunakan pengendara roda dua.

Jalur itu membentang hingga kira-kira 50 kilometer dengan kondisi jalan sepi, jalan menikung, hingga turunan.

“Karena jalurnya banyak tikungan dan turunan tajam, pemudik roda dua harus terus hati-hati. Sesuai anjuran Kapolri, pemudik roda dua lebih baik ikut mudik bersama yang disiapkan perusahaan-perusahaan maupun kantor pemerintahan,” katanya. (Kusnadi/net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco