Unggul 1-0 dari Persiba, Maitimo Bawa Persib Akhiri Puasa Kemenangan

oleh

BANDUNG, waktunews.com – Persib Bandung akhirnya merasakan lagi kemenangan setelah absen meraup poin penuh selama satu bulan. Kemenangan tipis 1-0 di Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (11/6) dari Persiba Balikpapan hadir lewat gol semata wayang Raphael Maitimo.

Butuh tambahan poin, Persib bermain cukup menggila terutama pada babak kedua karena menggempur lini belakang Beruang Madu sampai Timo mencetak gol di menit akhir.

Maung Bandung yang punya keinginan mengakhiri puasa kemenangan sudah bisa menampilkan Vladimir Vujovic di susunan starter setelah absen di laga sebelumnya. Bersama Wildansyah, dia mengawal barisan pertahahan Persib karena Achmad Jufriyanto absen sebab menerima akumulasi kartu kuning. Di depan, Jajang Nurjaman menurunkan Angga Febrianto, Billy Keraf dan Shohei Matsunaga.

Di kubu tamu, Milomir Seslija memasang komposisi pemain terbaiknya, hanya di belakang dia tak bisa memainkan Dirkir Glay. Di tengah, duet Masahito Noto dan Ammar Almubaraki dipasang bersamaan untuk menjaga engine roomnya tetap panas. Marlon da Silva pun diandalkan sebagai ujung tombak untuk mendulang gol tim Beruang Madu.

Pada babak pertama, Persib mengawali laga dengan serangan tempo tinggi terutama dari flank kanan yang ditempati Supardi dan Billy. Tetapi Alfath Fathier mampu menjaga wilayah kekuasaannya dengan baik dan hampir tidak ada serangan yang tembus dari sektor pertahanannya. Justru Persiba yang beberapa kali melancarkan fast break berbahaya.

Peluang berbahaya pertama didapatkan oleh Marlon da Silva melalui sundulannya menerima umpan Tedi Hasanudin pada menit 14. Umpan silang ke kotak penalti digapai Marlon meski dia mendapatkan kawalan dari Dedi Kusnandar dan juga Vladimir Vujovic. Namun tandukannya masih bisa diamankan I Made Wirawan sambil terbang dan selamatlah gawang Persib.

Seringnya Supardi melakukan overlap ke depan membuat ada celah di flank kanan Persib yang bisa dieksploitasi penyerang Persiba. Beberapa kali Heri Susanto pun membahayakan pertahanan tim Maung Bandung namun belum ada yang bisa membuahkan hasil. Termasuk crossing datar Heri yang bisa diintervensi Wildan di mulut gawang ketika Made sudah tak berdaya.

Persib baru bisa membuat peluang saat Ahmad Subagja Baasith melepas shoot keras namun masih melambung tinggi. Sebaliknya Ammar Almubaraki pun coba mengancam lewat tendangan dari luar kotak penalti namun melebar pada menit 33.

Peluang emas didapatkan Persiba di akhir babak pertama saat serangan balik cepat dirancang dan menemui Marlon yang menusuk dari kiri. Melakukan cut inside sambil melewati Supardi serta Baasit, Marlon melakukan tendangan yang mengarah ke pelukan Made. Skor 1-1 pun menutup babak pertama usai Prasetyo Hadi meniupkan peluitnya.

Sementara, pada babak kedua, Persib memasukan Atep dan Tantan untuk menggatikan Angga dan Billy. Hasilnya serangan lini depan pun lebih menggigit dan membuat para pemain Persiba fokus bertahan. Sebuah peluang pun langsung didapat Atep usai menerima crossing Essien dari sektor kiri. Sayang tandukannya di tiang jauh masih belum bisa menjebol gawang dari Kurniawan Kartika Adjie.

Serangan bergelombang pun dilancarkan oleh Persib terutama setelah masuknya Raphael Maitimo pada menit 60. Peluang emas didapat Essien melanjutkan umpan silang dari sisi kanan. Namun Kurniawan masih mampu menahan laju bola di garis gawang dan mengandaskan usaha anak-anak Bandung.

Persib pun mendapat hadiah penalti di menit 83 ketika Siswanto menjegal kaki Wildansyah di dalam kotak penalti dan wasit tanpa ragu menunjuk titik putih. Sayang eksekusi Vladimir Vujovic bisa digagalkan Kartika karena arah sepakan Vlado bisa ditebak oleh kiper muda ini. Rasa frustasi pun mulai dirasakan para punggawa Maung Bandung.

Ketika laga seolah sudah habis, Maung Bandung akhirnya mencetak gol lewat sundulan Raphael Maitimo pada menit 88. Sebuah kemelut dalam kotak penalti dan bola liar jatuh di kaki Wildansyah di sisi gawang. Umpan lambung pun hadir ke mulut gawang dan Maitimo sanggup memenangi duel udara untuk menanduk bola masuk ke gawang guna membawa Persib unggul.

Kemenangan pun digapai skuat Maung Bandung setelah mereka sulit merebut 3 poin sejak 4 pertangan terakhir setelah wasit meniupkan peluit panjang. Dengan hasil ini, Persib pun naik ke peringkat 6 klasemen sementara. Sedangkan kubu tamu harus terus berada di dasar klasemen Liga 1. ●Ricky/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco