Dishub Kata Lakukan Ramp Check, Ratusan Armada Bus Tak Layak Jalan

oleh

SUKABUMI, waktunews.com – Sebanyak 140 armada bis AKAP dan AKDP yang biasa beroperasi di Terminal tipe A KH. Sanusi Kota Sukabumi tidak laik jalan. Pasalnya, ratusan bis tersebut dinyatakan tidak lolos ramp check (kewajiban uji kelaikan).


“Dari 240 armada bis yang ada di Terminal KH. Sanusi, sekitar 140 sisanya dinyatakan tidak laik jalan, terpaksa mereka harus melakukan perbaikan dulu,” ujar Kepala Kordinator Terminal Tipe A KH. Sanusi Kota Sukabumi Yukki Rahmat Yunus didampingi oleh kepala monitoring ramp check Soni Zulkaranen disela-sela pengecekan sejumlah bis, kemarin.
Apalagi menjelang lebaran, lanjut Yukki, semua armada bis benar-benar harus ramp check, sehingga tidak menjadi khawatir bagi penumpang ketika menaiki kendaraan yang dinyatakan sudah lulus uji.”Karena setiap kendaraan yang lolos ramp check, kita tempel stiker lolos uji dan layak untuk angkutan lebaran tahun 2017 ini,”ujarnya
Selain kendaraan yang harus lulus dalam pengujian, pihaknya juga memeriksa kelengkapan sopir, yakni apakah benar-benar memiliki SIM. “Selain memiliki SIM, juga usia supir tidak boleh lebih dari 70 tahun. Apalagi dalam waktu dekat akan ada uji tes narkoba BNN langsung,” ujarnya.
Pemeriksaan kendaraan tidak hanya kendaraan yang mau keluar dari terminal saja, melainkan kata Yukki, juga yang masuk ke terminal. Hal ini untuk menghindari dari resiko kecelakaan.”Kita periksa juga bis yang masuk dari luar,”tandasnya.
Sejuah ini tambah Yudi, belum terlihat adanya gejolak penumpang yang akan mudik, artinya di terminal masih normal.Tapi tidak tahu nanti kalau sudah menjelang libur atau H-4, biasanya sudah terlihat penumpang yang akan mudik.
“Makanya kita tidak bisa memperediksi sekarang berapa bis bantuan yang diperlukan nanti,” terangnya.
Tapi untuk terminal Sukabumi, biasanya bukan pemberangkatan yang ramai, melainkan kedatangan penumpang sampai usai lebaran.”Terminal Sukabumi ini sebgai lintasan saja, karena banyak warga yang melanjutkan perjalanannya,”imbuhnya.
Yukki juga menghimbau kepada penumpang ketika akan menggunakan kendaraan disarankan untuk mengecek stiker ramp check untuk memastikan keamanan dalam perjalan. Begitu juga kepada PO (perusahaan otobus) agar melakukan ramp check bis yang dimilikinya, termasuk menyedikan awaknya yang aman.”Selain kendaraan lulus ramp check, sopirnya juga memenuhi syarat untuk membawa kendaraannya,”pungkasnya. (Rizki Adisty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco