Status Kantor Kecamatan Cugenang. Pemkab Bantah Hasil Jual Beli, Asetnya Jadi Anggunan BJB

oleh

CIANJUR, waktunews.com – BagianUmum Setda Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Dinas Pemukiman, Perumahan dan Pertanahan (Kimrumtan) Pemkab Cianjur membantah status Kantor Kecamatan Cugenang hasil dari jual beli yang menjadi aset daerah sertifikatnya dipakai anggunan di Bank Jabar Banten.

Kabag Umum Setda Cianjur, Akos Koswara menegaskan mengenai pembelian Kantor Kecamatan Cugenang sesuai dengan prosedur. Hal tersebut dibuktikan dengan lengkapnya surat – surat Akta Jual Beli (AJB) dan perpindahan tangan dari Herman Suherman sebagai pemilik awal tanah dan bangunan dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Akos  menerangkan, adanya kesimpangsiuran informasi dikarenakan belum dibagin dua luas area lokasi yang dibeli di area lokasi awal. Luas tanah awal adalah 4.000 meter persegi, sedangkan yang dibeli dan menjadi aset daerah  2.000 meter persegi.”Nah proses pembagian luas itulah yang baru akan kita lakukan sekarang,” ujarnya.

Proses pembagian itu, lanjut Akos, tentu  harus disertai dengan surat keterangan kepemilikan dan AJB. Jadi tidak mungkin adanya sertifikat Kantor Kecamatan Cugenang  dianggunkan sebuah pinjaman di bank.  “Kapan dan berapa biayanya pihak Kimrumtan yang mengetahui,” tukasnya.

Sedangkan dari pihak Dinas Kimrumtan, melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan Tanah, Dudi Hendrawan membenarkan luas tanah yang dibeli dari Herman Suherman, yang juga Wakil Bupati Cianjur, hanya seluas 2.000 meter persegi beserta bangunan rumah dan segala fasilitasnya.

Menurut dia, dari data diketahui harga tanah dan bangunan Kecamatan Cugenang berjumlah Rp 4 miliar. Harga itu, menurut Dudi hasil dari kajian pihak ketiga atau tim aprasial.  “Dikurangi pajak dan sebagainya, jatuh harga yang sesungguhnya jadi Rp 3,8 miliar,” ungkap Dudi.

Menurutnya, harga Rp 3,8 miliar mungkin ditaksir wajar bila melihat kondisi tanah yang strategis dan fasilitas permanen yang ada. Misalnya terdapat kolam renang dan kebun aktif dibelakang bangunan rumah utama.

“Bisa dibilang Kecamatan Cugenang adalah kantor paling mewah dibanding kantor sejenis lainnya,” tambah Dudi.

Dia menambahkan, proses pembelian rumah Pak Wabup, untuk pengadaan Kantor Kecamatan Cugenang terjadi tanggal 1 April 2016 lalu.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Cianjur, Wilman Singawinata yang menyatakan pembahasan Kantor Kecamatan Cugenang baru akan dibahas sekarang. “Kita akan bahas dulu,” paparnya.

Sebelumnya, proses pengadaan pembebasan lahan dan bangunan kantor Kecamatan Cugenang, di Desa Mangunkerta, disoroti. Karena, hal tersebut dinilai tidak sesuai dengan informasi yang beredar diruang publik.

Pasalnya, hal itu menyangkut status lahan dan rumah Wakil Bupati Cianjur yang sudah tercatat sebagai bagian dari asset daerah.

Koordinator Aliansi Masyarakat Untuk Keadilan Dan Hukum (Ampuh) Yana Nurjaman, mengatakan, awal pemindahan Kantor Kecamatan Cugenang dari kawasan Cijedil dinilai, pihak berkompeten seperti BPBD adalah daerah yang rawan longsor. Lalu direkomendasikan pindah ke Desa Mangunkerta dimana lokasi lahan dan bangunan rumah milik Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman berada.

Yana mengaku, menemukan sesuatu yang janggal pada proses pembebasan lahan dan bangunan itu. Kejanggalan tersebut terletak pada soal sertifikat lahan dan bangunan yang tdak tahu di mana.

Karena, berdasarkan informasi, keberadaan sertifikat lahan dan bangunan yang dibebaskan oleh Pemkab pada tahun anggaran 2016 itu, ternyata sertifikat lahan dan bangunan Kantor Kecamatan Cugenang yang notabene bekas rumah pribadi Pak Wabup itu sudah hampir setahun lebih menjadi agunan fasilitas kredit modal kerja di Bank Jabar Cianjur.

“Saya menyimpulkan, ini jelas beraroma atau adanya dugaan pembegalan APBD alias korupsi,” ujarnya.

Pihaknya meminta, DPRD Kabupaten Cianjur segera melakukan investigasi komprehensif dengan memanggil pihak-pihak yang terkait  permasalahan ini. “Apabila tidak ada kejelasannya, kami akan melaporkan temuan ini ke penyidik Kejaksaan,” tegasnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco