Pemkab Cianjur Siapkan Pelayanan Arus Mudik-Balik Lebaran

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Pemkab Cianjur, berkoordinasi dengan Polri dan TNI mepersiapkan tim pelayanan arus mudik dan balik Idul Fitri dengan mendirikan pos pengamanan, pelayanan kesehatan, pengamanan, dan penanganan kecelakaan.

“Rapat koordinasi udah digelar di Mapolres Cianjur untuk mempersiapkan tim menghadapi H-7 sampai H-7 Idul Fitri dalam mengantisipasi lonjakan jumlah pengendara dan kepadatan arus yang berdampak pada kerawanan kecelakaan, sehingga diperlukan ada pembagian kewenangan,” kata Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Dia menjelaskan, keterlibatan pemerintah daerah meliputi tenaga medis dengan menempatkan dokter serta perawat atau tim medis di setiap posko kesehatan.

“Kami menyiapkan mushala dan tempat wudhu bagi pemudik di posko mudik,” katanya.

Untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas, pemkab akan menambal sulam ruas jalan utama yang membentang di wilayah Cikalongkulon, Pacet dan Cibodas.

“Polanya tambal sulam agar tidak ada lubang jalan. Kami juga mengupayakan meningkatkan penerangan jalan dan menambah rambu di sejumlah daerah,” katanya.

Kapolres Cianjur, AKBP Arif budiman, mengatakan, pihaknya menerjunkan 680 personel dalam pengamanan dibantu 380 orang dari instansi pemerintah dan TNI dengan jumlah total mencapai 1000 orang yang akan dibagi di 16 Pospam.

“Tim gabungan lebih kurang 1.000 orang dibagi di 16 pospam dan lima pos pelayanan yang tersebar di sejumlah titik. Tim gabungan juga bekerja untuk mengantipasi jalan rawan kemacetan arus dan lokasi rawan kecelakaan selama musim mudik dan balik lebaran,” katanya.

Dia menjelaskan, titik rawan macet meliputi jalur Ciranjang dan Cipanas, untuk rawan kecelakaan jalur Ciloto dan Gekbrong.

“Tim juga difokuskan mengantisipasi tindak kriminal di titik minim penerangan,” katanya.

Sementara itu Dandim 0608 Cianjur Letko Czi (K) Hidayati, menuturkan, TNI akan ikut membantu pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri 2017.

“Kami juga akan menempatkan mobil ambulans TNI di sejumlah pospam, dengan harapan ketika terjadi kecelakaan, korban dapat segera dievakuasi dan ditangani secara medis,” katanya. DJ/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco