Komuditas Ikan Laut Masih Mahal

oleh

SUKABUMI, waktunews.com – Sejumlah komoditas ikan laut dan ikan asin di pasar tradisional di Kota Sukabumi, relatif masih mahal sepekan setelah Idul Fitri 1438 Hijriah. Penyebabnya, pasokan dan persediaan masih relatif kurang.

Berdasarkan informasi dari para pedagang, jenis ikan laut yang harganya masih relatif mahal di antaranya ikan teri nasi di kisaran Rp100 ribu per kilogram, ikan cumi di kisaran Rp80 ribu hingga Rp100 ribu per kilogram, serta ikan gabus di kisaran Rp80 ribu per kilogram. “Harganya memang masih mahal karena pasokan masih kurang,” terang Ai, 37, pedagang di kawasan eks Pasar Pelita, kemarin.

Ai mengaku selama Ramadan ikan laut dan ikan asin banyak diincar masyarakat. Hanya saja harganya terbilang masih cukup mahal. “Sekarang harganya mulai turun sih. Rata-rata di kisaran Rp80 ribu per kilogram. Hanya teri nasi yang bertahan di harga Rp100 ribu per kilogram,” ujarnya.

Tingkat penjualan pun cukup bagus. Ai meraup keuntungan kotor sekitar Rp5 juta hingga Rp6 juta per hari. “Itu belum dipotong biaya pembelian dan lainnya. Jadi keuntungan segitu masih kotor,” sebutnya.

Sekarang penjualan tak sebanyak saat Ramadan. Persediaan pun kembali normal. “Permintaan tidak sebanyak saat puasa lalu. Tapi harga masih belum terlalu turun banyak,” kata dia.

Untuk harga ikan asin dan ikan laut lainnya masih terbilang normal. Ia menduga karena jenis ikan asin lainnya jarang dicari sehingga persediaan masih banyak yang berdampak terhadap harga. “Kalau yang lainnya normal. Seperti hari-hari biasa saja tidak ada peningkatan bahkan ada juga yang turun,” tuturnya.

Siti Zaeni, 34, ibu rumah tangga, mengaku harga sejumlah ikan laut dan ikan asin di pasaran masih relatif mahal. Ia beberapa kali membeli jenis ikan asin dan laut itu karena merupakan kesukaan di keluarganya. “Waktu puasa mah harganya memang mahal. Sekarang sudah mulai turun lagi harganya. Tapi sih harga segitu masih mahal,” tandasnya. ●Rezki Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco