Persyaratan Belum Dipenuhi, Dana Hibah Parpol Cimahi Belum Bisa Dicairkan

oleh

BANDUNG, waktunews.com – Dari sembilan partai politik (Parpol) yang ada di Kota Cimahi hingga kini dikabarkan belum mengajukan permohonan pencairan dana hibah untuk tahun anggaran 2017. Hal ini disebabkan, karena persyaratan yang belum dipenuhi.

Kepala Kesbang Kota Cimahi Totong Solehudin menjelaskan, sejumlah persyaratan yang belum bisa dipenuhi antara lain surat verifikasi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dana hibah Parpol tahun sebelumnya yang dikeluarkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Karena itu sampai sekarang mereka belum mengajukan permohonan akibat persyaratannya belum terpenduhi. Salah satunya harus ada hasil verifikasi BPK RI tahun sebelumnya terhadap bantuan tahun sebelumnya,” kata Totong kepada wartawan, Senin (3/7/2017).

BPK sudah melakukan pemeriksaan terhadap LPJ dana bantuan tahun sebelumnya. Pemeriksaan dilakukan awal tahun 2017. Sebagian parpol sudah menyelesaikannya yang sesuai aturan harus tuntas pada Januari, tapi hasilnya belum diketahui.

Menurutnya, penyerahan LPJ Parpol tahun lalu mayoritas telat dari yang sudah ditentukan. Padahal, pihaknya sudah melakukan himbauan kepada mereka agar mentaati aturan yang telah ditetapkan. Parpol yang ada di Cimahi antara lain, PDIP, Partai Golkar, Partai Hanura, PKS, Partai NasDem, PKB, PPP, Partai Gerindra dan PAN.

Mengenai besaran yang diterima parpol sesuai dengan aturan dihitung berdasarkan jumlah suara dengan nilai per suaranya sebesar Rp3.000. Dengan begitu, bantuan paling besar secara otomatis diterima oleh Parpol pemenang Pemilihan Umum (Pemilu).

Untuk mencairkan seluruh dana hibah parpol, APBD harus mengalokasikan Rp800-900 juta. Penggunaan dana Parpol sendiri sesuai aturan, diperuntukan untuk pendidikan politik masyarakat.

“Peruntukan dana itu sebanyak 60% untuk pendidikan politik, sisanya fasilitasi yang lainnya,” pungkasnya. ●Kusnadi/net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco