Petugas Bayangan Masih Gentayangi Disdukcapil

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Pelayanan pembuatan data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, masih belum mampu terlepas dari peran praktek percaloan. Pasalnya tak sedikit warga yang masih mengandalkan jasa calo untuk mengurusi keperluannya.

Hal tersebut juga diakui Sekretaris Disdukcapil, Pujo Nugroho. Meskipun pihaknya sudah dengan tegas memerangi praktek percaloan, tetapi masyarakat masih saja ada yang menggunakan jasanya. Kata Pujo, petugas serta staf Disdukcapil pun sudah diintruksikan secara tegas, agar tak melayani para calo itu.

“Memang calo di sini masih ada. Tetapi kami tidak layani. Kalau petugas kami ketahuan melayani atau bekerjasama dengan calo akan ditindak tegas,” ujarnya.

Menurutnya, kalau memang warga yang bersangkutan hendak membuat data kependudukan namun berhalangan untuk hadir, bisa diwakilkan oleh sanak saudara tanpa melalui calo. Selain itu warga juga tak perlu repot mengurus ke kantor dinas, melainkan bisa diurus di kantor kecamatan masing-masing.

“Sebenarnya warga bisa menyuruh sanak saudaranya mengurusi data kependudukan, dengan surat khusus yang bisa dipahami oleh petugas kami. Hal itu lebih baik ketimbang menggunakan jasa percaloan,” jelas Pujo.

Salah satu warga asal Kecamatan Haurwangi, Juniah Sipan (28) mengungkapkan, dirinya menggunakan jasa calo karena lambannya pelayanan yang diberikan petugas disdukcapil. Saat mengantre di kantor disdukcapil dirinya ditawari jasa calo, agar proses pembuatan dokumen kependudukannya bisa berjalan cepat.

“Saya lagi duduk menunggu proses pembuatan data kependudukan. Karena lama di kantor dinas ada yang menawari prosesnya cepat. Yasudah selagi bisa saya pakai saja jasanya,” pungkasnya. HW4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco