Banyak Keluhan, Sistem Zonasi PPDB Tetap Diterapkan 2018 Mendatang

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Berbagai keluhan terhadap pelaksanaan PPDB 2017 atau Penerimaan Peserta Didik Baru tak mempengaruhi Menteri Pendidikan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk tetap menerapkan sistem zonasi pada PPDB 2018 yang akan datang. Dia mengaku hanya akan mengevaluasi dan menyempurnakan sistem tersebut.

“Dievaluasi pasti. Kekurangan-kekurangan yang ada akan dikumpulkan dan akan dijadikan alat perbaikan zonasi untuk tahun depan,” kata Muhadjir saat menghadiri peresmian SMKN 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor, Rabu 12 Juli 2017. Ia memaklumi kekurangan yang mewarnai PPDB tahun ini karena baru diterapkan pertama kalinya di Indonesia.

Sistem zonasi pada PPDB 2017 menurut Muhadjir, terkendala salah satunya oleh keberadaan sekolah negeri yang tidak merata di berbagai daerah termasuk Kabupaten Bogor. Namun, dia meyakini penerapan sistem zonasi bisa memulai pemerataan pendidikan yang berkualitas itu. Muhadjir memastikan kualitas semua sekolah merata setelah siswa tersebut lulus.

“Jadi yang merata harus berkualitas, tidak boleh merata saja tapi kualitasnya menumpuk tempat,” katanya menegaskan. Muhadjir menganggap, upaya pemerataan pendidikan yang berkualitas perlu bertahap karena terkendala kesiapan setiap daerah menyediakan infrastruktur, tenaga pengajar dan sebagainya.

Dalam pidato sambutannya di acara tersebut, Muhadjir mengaku banyak mendapatkan laporan pelaksanaan PPDB yang dianggap tak adil atau menyimpang dari aturan seharusnya. Dia mengatakan laporan terbanyak berasal dari wilayah Bandung dan Bogor, meski tidak disebutkan jumlahnya.

Menurut Muhadjir, sistem zonasi bisa memberikan kesempatan masyarakat prasejahtera untuk mendapatkan pendidikan yang layak di sekolah sekitar tempat tinggal masing-masing. “Untuk sekolah negeri yang tergabung dalam zona itu berlaku untuk semua, tidak ada pengecualian. Termasuk anaknya pejabat,” katanya. DJ/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco