KPUD Cianjur Launching RPP

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Jelang Pilkada serentak 2018, Komisi Pemilihan Daerah (KPUD) Kabupaten Cianjur melaunching rumah pintar pemilu (RPP), Selasa (18/07). Kemarin. RPP langsung diresmikan oleh Ketua KPUD Cianjur, Anggy Shofia W, yang dihadiri beberapa pejabat daerah, perwakilan partai politik, pelajar, mahasiswa serta elemen masyarakat umum.

RPP yang bebas diakses masyarakat luas ini berisikan beberapa ruangan yang juga berfungsi sebagai museum perjalanan Pemilu di Indonesia. Tidak hanya itu, sejumlah aturan perundang-undangan juga tersedia dengan lengkap dalam bentuk buku maupun digital.

“RPP akan memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan Pemilu yang sudah dilaksanakan maupun yang akan datang. Kemudian di sini juga tersedia berbagai informasi dan ketentuan perundang-undangan yang berkaitan dengan pemilu sampai kepada tata cara Pemilu mulai dari Pemilukada sampai kepada pilpres,” kata

RPP juga menyediakan tayangan video pelaksanaan perjalanan Pemilu yang ada di Indonesia dan Cianjur. Secara tidak langsung RPP juga mengedukasi setiap pengunjung yang datang agar mengetahui tata cara atau aturan Pemilu dari tahun ke tahun.

“Siapa saja boleh datang, masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa. Berdirinya RPP ini sekaligus mencerdaskan pengunjungnya agar tidak kikuk ketika mengikuti tahapan Pemilu terutama kepada pemilih pemula,” lanjut Anggy.

Sementara itu, Hilman Komisioner KPUD Cianjur mengatakan, ini adalah launcing atau peresmian RPP yakni wahana untuk menyebarluaskan informasi terhadap masyarakat Cianjur  atau luar Cianjur dari kalangan atau propesi baik mahasiswa maupun mahasiswi mungkin berkebutuhan dengan imformasi kepemiluan di Cianjur. Pertama untuk memahami dengan bentuk demokrasi kepemiluan yang kedua melakukan kajian-kajian akademis terkait kepemiluan khususnya di Cianjur.

Hilman berharap dengan adanya RPP partisipasi masyarakat dalam memberikan hak politiknya terus meningkat. “Masyarakat nantinya jadi lebih paham, tentang aturan-aturan Pemilu, selain itu RPP bertujuan untuk meminimalisir gesekan-gesekan akibat ketidakpahaman masyarakat akan aturan Pemilu semua aturannya bisa dilihat dan dipelajari disini,” tutupnya. Syamsuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco