Polisi Sentil Kendaraan Overload

oleh
Kanit Laka Lantas Polres Cianjur : Ipda Sunarta
CIANJUR, waktunews.com – Demi meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada area black spot atau wilayah rawan laka, Satlantas Polres Cianjur menggelar razia terhadap kendaraan bermuatan. Pasalnya berdasarkan analisa polisi, faktor yang mendominasi penyebab kecelakaan di area tersebut merupakan kendaraan tak layak pakai.
Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Erik Bangun Prakarsa, melalui Kanit Laka Lantas Polres Cianjur, Ipda Sunarta menyebutkan, jarangnya pemeriksaan berkala yang dilakukan oleh pemilik kendaraan menyebabkan kendaraan menjadi tak layak pakai. Contohnya, pada beberapa kasus kecelakaan yang terjadi di Bangbayang, Kecamatan Gekbrong polisi selalu menemui rem blong akibat tidak pernah dilakukan pemeriksaan berkala.
Polisi menganalisa, di jalan menurun yang cukup panjang itu kendaraan bermuatan besar berpotensi mengalami rem blong diakibatkan tidak dilakukannya pemeriksaan. Menurut Sunarta, rem yang tidak pernah dicek secara rutin pasti tidak diketahui kapan kampasnya akan habis. Kemungkinan besar jika kampas sudah tipis, dan memaksakan melintas pada jalur itu rem bisa blong.
“Di jalan itu intensitas penggunaan rem pasti tinggi. Kalau kampasnya sudah tipis, pasti bisa menyebabkan rem blong dan terjadilah kecelakaan,” sebutnya.
Maka dari itu. saat ini pihaknya rutin menggelar razia kendaraan bermuatan di area black spot. Polisi melakukan penindakan berupa tilang jika mendapati ada kendaraan yang tidak layak pakai.
“Dari beberapa razia yang kami gelar, tidak sedikit baik kendaraan berpenumpang seperti bus dan kendaraan bermuatan itu tidak layak pakai. Kami mengimbau kepada para pemilik kendaraan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan berkala,” tegasnya.
Jika berkaca kepada grafik laka lantas dari tahun ke tahun, di Cianjur, kata Sunarta jumlahnya stagnan. Tidak ada peningkatan maupun penurunan.
“Pertahun jumlahnya tidak naik dan turun. Dari 2017 awal hingga saat ini, terhitung angka kecelakaan rata-rata 21 kali per bulan,” tutupnya. HW 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco