Babak Baru di Mulai, Tes Wawancara Cakepsek SD Dibagi Perwilayah

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Seleksi calon kepala sekolah SD kini memulai babak baru, setelah sebelumnya dilakukan seleksi administrasi dan tes tulis. Senin (24/7) semua calon kepala sekolah SD dari wilayah kerja 1, 2, dan 3 mengikuti tes wawancara dan persentasi oleh panitia seleksi di dua tempat berbeda yaitu di badan kepegawaian daerah dan inpektorat daerah Kabupaten Cianjur.

Kepala BKD Kabupaten Cianjur H. Tohari Sastra mengatakan, dua tahapan tes penjaringan calon kepala sekolah telah usai dilaksanakan sebelumnya, saat ini tahapan seleksi selanjutnya adalah tes wawancara yang diikuti oleh calon kepala sekolah yang sebelumnya menjabat dan tes persentasi visi dan misi oleh calon kepala sekolah yang promosi sebelumnya sebagai guru.

“Alhamdulilah, proses seleksi berjalan sesuai rencana, sekarang itu tiba kepada tahapan yang ketiga, yaitu tes presentasi dan wawancara, yang diikuti oleh 3 wilayah di bagian Cianjur Utara, yaitu wilayah 1, 2, dan wilayah 3,” ujarnya.

Sedangkan wilayah Selatan menurutnya, panitia seleksi akan jemput bola dengan melakukan seleksi di 3 tempat yang berbeda dan di masing-masing wilayah yang berbeda. “Untuk wilayah 4, 5, dan 6 tim seleksi aka jemput bola kesana, yang kebetulan untuk wilayah tersebut berada di wilayah Cianjur Selatan, wilayah 4 di Sukanagara, 5 di Cibinong dan 6 di Sindangbarang, pelaksanaannya Minggu depan,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua panitia seleksi kepala sekolah SD Kabupaten Cianjur, Aban Sobandi mengatakan seleksi tersebut dilaksanakan selektif mungkin, karena seleksi bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah. “Jadi yang dianggap tidak layak kami tetap tidak akan meluluskan, karena kelulusan sesuai dengan nilai dan perolehan yang di dapat dari hasil seleksi,” ungkpnya.

Dia menerangkan untuk mekanisme penilaian dan tes wawancara dilakukan setiap 20 peserta akan di uji satu persatu akan di wawancarai oleh tim penilai. “Untuk 3 wilayah ini masing-masing akan di uji selama 2 hari dan setiap 2 penguji berhak menentukan nilai dari 20 orang peserta,” ungkapnya.

Dia pun mengatakan setelah 3 tahapan seleksi dilaksanakan terakhih akan dilakukan tes mengaji. “Tes mengaji pun menentukan kelulusan pada tahap akhir, kami berharap setiap peserta bisa mengikuti kebijakan panitia seleksi karena setiap kebijakan yang diambil semata untuk meningkatkan kinerja kepemimpinan kepala sekolah,” pungkasnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco