Merasa Tersaingi Toserba, Para Pedagang PIC Tutup

oleh

CIANJUR – Sejumlah pedagang di Pasar Induk Cianjur (PIC) tampak menutup kiosnya. Hal tersebut diakui beberapa pedagang, dikarenakan adanya persaingan yang sengit antara pedagang pasar dengan pasar swalayan Toserba Selamat.

Jarak yang dekat serta komoditi sama, mengakibatkan para pedagang PIC mengaku kehilangan konsumennya.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdaganagn dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur, Himam Haris, membenarkan adanya persaingan ketat antara pedagang di PIC dan Toserba Selamat. Jarak yang terbilang dekat, membuat masyarakat bingung memilih kedua tempat pemberlanjaan tersebut.

“Mau tidak mau memang pedagang harus bersaing. Pedagang di pasar kami lakukan imbauan untuk bisa merawat PIC supaya lebih menarik konsumen,” bebernya.

Selain bersaing dari sisi infrastruktur, pedagang pasar juga menurutnya, harus bisa bersaing secara harga. Lewat hal itu, ia yakin konsumen akan memilih PIC ketimbang pasar swlayan.

“Keberadaan kami di sini ada untuk melayani masyarakat. Kami pun tak akan tinggal diam menyikapi adanya persaingan ini. Contoh pasar Cipanas beberapa tahun yang lalu, mereka sepi pengunjung. Kami beri arahan dan bimbingan, kini pasar itu ramai diserbu pengunjung,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya tak bisa mengupayakan lebih. Pasalnya jika melihat perizinan diakuinya, Toserba terlebih dahulu mengantongi izin sebelum PIC didirkan.

“Kita gak bisa mengusir pengusaha dari tempatnya berdiri sekarang karena mereka sudah melengkapi dokumen perizinan,” tutupnya. HW4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco