Pengumpulan Zakat Belum Mencapai Target

oleh

CIANJUR – Hingga tanggal (26/7) penerimaan Zakat infak dan sodakoh badan amil zakat Kabupaten Cianjur sudah mengumpulkan sebanyak 14 milyar lebih, dengan target tahun ini di maksimalkan hingga bulan Muharam date line pengumpulan akhir mencapai 19 milyar.

Sekretaris Baznas Kabupaten Cianjur, H. Ahmad Fatoni Rozi mengatakan, Baznas Cianjur menargetkan zakat infak dan sodakoh di tahun 2017 ada kenaikan hingga 10 persen dari tahun sebelumnya. “Untuk tahun sebelumnya Baznas mendapat 17 miliar lebih, jadi tahun sekarag mencapai 19 miliar targetnya, sepuluh persen dari tahun lalu,” ungkapnya.

Namun hingga akhir bulan Juli ini untuk sementara Baznas kecamatan baru mengumpulkan sebanyak 14 milyar lebih, asalnya date line untuk pengumpulan zakat dari masing-masing kecamatan pada bulan Muharam depan. “Sampai hari ini kecamatan memang belum bisa menyetorkan data secara keseluruhan, nominal tersebut belum masih belum final” ungkapnya.

Menurutnya, kekurangan yang masih belum dapat dikumpulkan secara keseluruhan mengingat situasi dan kondisi letak geografis Kabupaten Cianjur sangat begitu luas, sehingga desa yang memang cukup jauh dari kecamatannya masih belum menyetorkan secara keseluruhan.

“Mengingat mekanisme penyetoran zakat ini dari seluruh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tersebar hingga akar rumput, dimualai dari DKM 50 persen, kemudian ke UPZ Desa 40 persen, kemudian BAZ kecamatan sebanyak 30 persen, baru lah sampai ke Baznas Kabupaten Cianjur, sehingga kami pun memperlongar date line pengumpulan,” ungkapnya.

Sementara dari pengumpulan zakat sementara secara nilai akumulasi bersumber dari zakat infak dan sodakoh, jika diperinci masing masing dari sumber pengumpulan zakat yang ada adalah zakat mal 1 milyar lebih, Zakat fitrah 12 milyar lebih, Infak dan sodakoh 503 juta. “Hasil tersebut baru rekapan sementara,” tandasnya.

Dia berharap hingga bulan muharam nanti, pengumpulan zakat yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten bisa mencapai target yang sudah disepakati. “Kita masih menunggu pengumpulan dari berbagai daerah, sampai nanti bulan muharam bisa didistribusikan,” ungkapnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco