Guru Tidak Menuntut dan Menekan, Sekolah SD Harus Ramah Terhadap Peserta Didik

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Sebagai institusi pendidikan dasar tentunya dituntut untuk sebisa mungkin bisa menerapkan pendidikan yang ramah anak. Hal iti dikemukakan oleh Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Cianjur Agus Supiandi.

Dia menjelaskan sekolah yang ramah anak tentunya mempunyai indikator-indikator yang harus di tempuh. Selain guru yang harus memahami karakter anak juga di dorong oleh sarana dan prasarana yang harus memadai.

“Yang dikatakan ramah anak itu, tentu pelayanan dan perhatian dalam pengajaran terhadap anak perlu di perhatikan, sehingga anak bisa nyaman dilingkungan sekolah atau dalam mengikuti proses pembelajaran,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, di jenjang sekolah dasar yang notabenne masih dalam tahap dasar tentu harus menjamin keamanan murid, apalagi siswa baru di kelas 1 dan kelas dua SD.

“Masih banyak anak yang memang masih dalam pengawasan orangtuanya, atau diantar jemput bahkan diberikan perhatian lebih, itu sangat baik, namun disitu guru pun harus bersikap proporsional, sehingga ketika murid yang datang kesekolah bisa mengikuti kegiatan belajar dengan nyaman,” ungakapnya.

Hal yang tidak kalah penting kata dia adalah, membagi proporsi waktu untuk anak melakukan pembelajaran dan waktu istirahat dan bermain anak. “Mentalitas akan terbangun ketika anak mampu dikuasai secara emosional, dengan membagi waktu pembelajaran yang sesuai,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa fasilitas yang memadai juga menjadi barometer sekolah yang layak anak, seperti tersedianya taman bermain, untuk murid yang masih baru. “Psikomotorik anak juga harus dilatih dengan permainan yang sangat ceria, sehingga tidak ada tekanan untuk anak, seperti dengan penyampaian olahraga rekreasi,” ungkapnya.

Ia mengharapkan agar para guru yang mengajar di kelas yang memang masih bawah harus pandai-pandai merangkai satuan pelajaran yang ditentukan sebelumnya sehingga tidak terlalu menuntut dan menekan terhadap peserta didik. “Saya percaya dengan kualitas guru yang ada, namun harus ditingkatkan kembali kualiasnya,” pungkasnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco