Pembangunan Gakin Centre, Dishub Berlakukan Sistem One Way

oleh


SUKABUMI, waktunews.com – Pemberlakuan sistem One Way (Satu Arah) oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi antisipasi untuk mencegah kemacetan lalu lintas akibat adanya kegiatan pembangunan Gakin Centre di RSUD R. Syamsudin, SH.

Pemberlakuan tersebut telah berjalan kurang lebih hampir dua minggu, dishub juga berlakukan pembatasan jam operasi kendaraan pengangkut material bangunan ke lingkungan rumah sakit.

“Kami sengaja mengambil langkah ini untuk mencegah terjadinya miss-trafick yang mengakibatkan kemacetan akibat padatnya lalu lintas mobil angkutan barang, angkutan kota, dan kendaraan umum,” kata Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman kepada wartawan, Rabu (9/8/2017).

Rekayasa lalu lintas yang diberlakukan meliputi tigas ruas jalan yakni Jalan R. Syamsudin, SH., Jalan Suryakencana, dan Jalan Cikole Dalam. Ketentuan satu arah diberlakukan untuk Jalan Cikole Dalam. Kendaraan yang akan melalui jalan ini harus masuk dari Jalan R. Syamsudin hingga tembus ke samping SMPN 9 Kota Sukabumi yang terletak di Jalan Suryakencana.

Adapun kendaraan yang datang dari arah Jalan Suryakencana tidak diperbolehkan belok ke Jalan Cikole Dalam. Sebelumnya, Jalan Cikole Dalam yang ruasnya melewati bagian belakang RSUD R. Syamsudin, SH. dapat dilalui oleh kendaraan bermotor dari dua arah.
“Pemberlakuan sistem One Way kita tandai dengan memasang rambu dilarang masuk di pertigaan Jalan Suryakencana dan Jalan Cikole Dalam untuk menegaskan rekayasa lalu lintas ini. Pada waktunya nanti, rekayasa lalu lintas untuk Jalan Cikole Dalam ini akan dicabut dan arusnya dikembalikan seperti semula,” jelasnya.

Untuk angkot 14 Bhayangkara masih bisa mengantar penumpang ke bagian belakang RSUD R. Syamsudin, dan dipastikan tidak akan ada kendaraan umum yang berlainan arah di lokasi tersebut.

Selain itu, Dishub memberlakukan pembatasan waktu untuk kendaraan yang mengangkut material untuk pembangunan Gedung Gakin Centre. Ketentuannya, kendaraan pengangkut material tersebut boleh masuk Jalan Cikole Dalam pada saat arus lalu lintas dalam keadaan sepi. Pada 2018 Dishub juga akan melakukan kegiatan evaluasi one wah trafick antisipasi dibuka nya Tol Bocimi. “Kita juga akan evaluasi semua ruas jalan untuk mengantisipasi terbukanya Tol Bocimi, karena kita telah memprediksi bakal adanya peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah Kota Sukabumi paska terbukanya Tol Bocimi, “Ujar Abdul. Iyus Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco