Tanamkan Kedisiplinan Melalui ZW 09

0 116
Link Banner

CIANJUR, waktunews.com – Sebagai upaya menangani persoalan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur menerapkan Zero Waste 09 (ZW09). Hal itu untuk menanamkan kedisiplinan masyarakat membuang sampah agar pengangkutannya dapat selesai pada pukul 09.00 Wib.

Kepala DLH Kabupaten Cianjur, Yoni Raleda, mengatakan gerakan tersebut dibuat mengingat  semakin banyaknya titik pembuangan sampah di sepanjang jalan maupun kawasan pemukiman oleh masyarakat. Menurutnya, kebiasaan tersebut diperparah dengan perilaku pengendara mobil maupun motor seringkali melempar sampah di pinggir jalan.

Akibatnya. volume sampah bertambah dan membuat waktu pengangkutannya menjadi lebih panjang. Maka dari itu, diterapkannya ZW09 diharapkan masyarakat menyadari jika mereka memiliki batas waktu membuang sampah.

”Kalau bisa masyarakat itu membuang sampah sekali saja dalam sehari, yaitu ketika malam hari. Sehingga semua timbunan sampah yang dihasilkan bisa diangkut dan dibersihkan sekaligus di pagi hari,” ujarnya.

Yoni akan menaoptimalkan upaya persuasif melalui sosialisasi yang berkelanjutan. Pihaknya juga kini memaksimalkan peran RT dan RW untuk memiliki kepedulian terhadap sampah Menurut dia, dengan aktifnya tim kebersihan di setiap RT dan RW maka pengolahan sampah pun lebih efektif serta efisien. Pasalnya, sumber sampah akan langsung ditangani oleh masyarakat . NET

Category: Waktu CianjurTags:
example banner
No Response

Leave a reply "Tanamkan Kedisiplinan Melalui ZW 09"

[+] kaskus emoticons