Ada VOC di Upacara Peringatan HUT RI

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Puluhan anggota komunitas sepeda ontel yang tergabung dalam Vintage Ontel Cianjur (VOC) ikut serta dalam upacara pengibaran bendera di Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72 tahun di Lapangan Prawatasari, kemarin (17/8). Mereka mengenakan berbagai macam pakaian yang bertema perjuangan.

Mereka menampilkan pertunjukan sepeda ontel dengan berkeliling memutar di tengah tengah lapang seusai upacara berlangsung.Tidak hanya kostum tempo dulu, mereka juga menggunakan aksesoris yang menggambarkan masa perjuangan. Hal itu membuat para peserta upacara seakan diajak kembali ke masa dulu saat para pejuang menumpahkan seluruh jiwa raganya demi kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua Vintage Ontel Cianjur (VOC), Edo (40), menerangkan, ontel adalah kendaraan yang indentik dengan sejarah. Pada zamannya, ontel dulu digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia termasuk tentara dan para pejuang. Keikutsertaannya di upacara untuk mengingatkan kembali pada masyarakat Cianjur akan sejarah Indonesia.
“Ontel ini adalah bagian dari runtutan sejarah Indonesia dan bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya,” terang dia.

Edo menambahkan, sesuai dengan selogan VOC, satu untuk semua, semua untuk satu. Meraka menjaga, melestarikan, bahkan menginformasikan kepada masyarakat. Selain untuk mempereat tali silaturahmi melalui komunitas sepeda ontel, juga akan membangun jiwa nasionalisme lebih kuat

Dia berharap, adanyanya sinergi antara komunitas ontel dengan pemerintah dengan cara menggunakan sepeda ontel sebagai kendaraan wisata atau wisata sejarah di Cianjur.

“Kami tidak mengharapkan apa-apa dari pemerintah, hanya mengharapkan kesinergian antara pemerintah dengan komunitas kami. Selama ini kami pun sangat memperhatikan asset–asset wisata yang ada di Cianjur dan selalu berusaha mengembangkanya sekemampuan kami,” harapnya. Asep Hendrayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco