Ruang Sastra Cianjur (RSC) Produktif Dalam Berkarya, Aktif, dan Berprestasi

oleh
Ihsan Subhan dari Ruang Sastra Cianjur, bersama para penyair indonesia dalam kegiatan Hari Puisi Indonesia di Riau
Foto bersama Ruang Sastra Cianjur, setelah kegiatan pementasan musikalisasi puisi di Sukanagara

CIANJUR, waktunews.com – Ruang Sastra Cianjur (RSC) merupakan komunitas pencinta sastra yang berdomisili di Cianjur. Kehadiran RSC di tengah-tengah masyarakat Cianjur, telah memberikan kontribusi yang postif. Kegiatan-kegiatan sastra yang selalu diikuti selalu saja di tingkat nasional.

Seperti kegiatan Pertemuan Penyair Nasioanl (PPN), diskusi sastra, lounching buku, pementasan apresiasi sastra, dan lainnya. Tidak hanya itu, kegiatan lomba-lomba baca puisi, menulis puisi, dan menulis cerpen pun selalu RSC gauli sampai menjadi juara, sehingga nama Cianjur pun ikut harum semerbak di kancah kesusastraan Indonesia.

KONSER MUSIK DAN PUISI Ruang Sastra Cianjur bekerjasama dengan HMI Cabang Cianjur dan YFP2C

Ruang Sastra Cianjur, memiliki agenda rutinan setiap bulannya, yaitu diskusi karya dan pementasan puisi.Setiap setahun sekali mengadakan kaderisasi dalam bentuk kegiatan Kemah Sastra, yang pesertanya adalah peserta didik SMA dan Mahasiswa. Mereka nantinya digodok untuk diberikan pemahaman tentang sastra, dan berlatih bagaimana caranya menjadi seorang penulis yang berhasil.

Ketua Umum Ruang Sastra Cianjur Ihsan Subhan, menjelaskan bahwa potensi penulis di Cianjur begitu besar. Banyak sekali penulis-penulis Cianjur yang sudah sukses hingga namanya sudah tidak asing lagi di tingkat nasional. Seperti Faisal Syahreza, yang telah menerbitkan dua antologi puisi tunggal dan satu novel best seller “Memeluk Kehilangan”. Ardi Cresna Crenata, yang sering muncul di Koran kompas dan Tempo, Ratna Ayu Budhiarti kelahiran Cianjur yang kini aktif di Bandung dan Garut sebagai pegiat literasi dan penulis puisi di koran-koran lokal dan nasional. Edwar maulana, Fasha Rouf, Fahd Djibran, dan penulis lainnya yang sampai saat ini masih produktif dalam menulis karya sastra.

musikalisasi puisi karya Ihsan Subhan di gelaran Konser mini 7 Taman Kreatif Joglo Cianjur
DISKUSI-NOVEL Memeluk Kehilangan karya Penulis Cianjur Faisal Syahreza di Gedung DKKC

Ruang Sastra Cianjur, memiliki jejaring para penulis nasional, bahkan di tingkat Negara-negara ASEAN, hal ini disebabkan RSC selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sastra tingkat nasional, dan ini menjadi semacam motivasi bagi RSC untuk lebih giat lagi dalam berkarya. Bersama-sama memajukan khasanah kesusastraan di Indonesia, khususnya di Cianjur. Sehingga Cianjur ke depan dapat lebih dikenal lagi sebagai kota sastra atau kota puisi, aamiin. HW7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco