Turunkan AKi/AKB, Puskesmas Sukasari Laksanakan ‘Planduk’

oleh

CILAKU, waktunews.com – Puskesmas Sukasari Kecamatan Cilaku melaksanakan Program Perencanaan Persalinan Terpadu (PELANDUK). Hal itu dilakukan dalam upaya percepatan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Cianjur. Tentunya dengan menanamkan tata nilai puskesmas yaitu JUARA atau jujur, unggul, aman, ramah, dan adil dalam melaksanakan program.

Kepala Puskesmas Sukasari, H Gumilar Farto Siswoyo, menjelaskan dalam upaya penurunan kematian ibu dan bayi dapat dilakukan dengan peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak. Salah satu upaya yang Puskesmas Sukasari lakukan adalah mendekatkan jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program, perencanaan, persalinan, dan pencegahan komplikasi.

“Untuk menekan angka kematian ibu dan anak, kami mempunyai Program Perencanaan Persalinan Terpadu atau disingkat Pelanduk. Program ini sesunggguhnya sudah lama, sejak program Safe Motherhood dan program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) ada. Penerapan program Pelanduk ini merupakan tindak lanjut yang lebih konkret yang melibatkan masyarakat,” jelas dia.

Tujuan dari program tersebut adalah supaya terjalinnya hubungan kerja sama antara bidan, dukun paraji, kader, dan aparat desa serta adanya dukungan sukarela dari keluarga dan masyarakat. Misalnya dalam perencanaan persiapan persalinan ibu hamil dalam hal biaya, transportasi, donor darah untuk proses persalinan termasuk menghadapi kegawatdaruratan ibu hamil, bersalin, dan bayi baru lahir sesuai dengan perannya masing-masing.

“dengan adanya program ini, maka data yang dibutuhkan untuk Ibu hamil dan melahirkan akan lebih komplit. Kemudian adanya perencanaan persalinan. Terlaksananya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi selama hamil, persalinan, maupun nifas. Juga untuk meningkatkan keterlibatan tokoh masyarakat baik formal maupun non formal, dukun paraji, kelompok masyarakat, dalam perencanaan dan pencegahan komplikasi,” tambah dia.

Sasaran dari program ini di antaranya Ibu hamil, keluarga, kader, dukun paraji dan aparat desa yang ada di wilayah Kecamatan Cilaku. Kemudian pelayanannya akan dilakukan setiap hari kerja di Puskesmas Sukasari dan setiap bulan di setiap Posyandu. Adapun fasilitas pelayanannya adalah USG, ANC, dan pemeriksaan lab yang meliputi Hb, golongan darah, dan protein urine. Asep Hendrayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco